6 Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik untuk Android

Gotop.id – Berbeda dengan Smartphonr di masa lalu, smartphone memiliki banyak hal yang berjalan baik di latar belakang maupun latar depan. Bergantung pada seberapa intensif aplikasi dan layanan ini, mereka dapat dengan cepat menghabiskan baterai Anda dan bahkan mengurangi masa pakainya. Untuk mengatasinya, ada banyak aplikasi penghemat baterai untuk Android.

Namun, kebanyakan dari mereka tidak begitu bagus dan umumnya tidak melakukan apa pun untuk benar-benar meningkatkan masa pakai baterai Android. Jadi, saya telah menguji sendiri beberapa aplikasi. Berikut adalah beberapa aplikasi penghemat baterai terbaik untuk Android yang benar-benar berfungsi.

Aplikasi Penghemat Baterai untuk Android

Greenify

Greenify

Greenify adalah aplikasi favorit saya dalam hal pengoptimalan baterai dan peningkatan kinerja ponsel cerdas. Greenify dirancang khusus untuk melindungi perangkat Android Anda dari penggunaan baterai dan aplikasi yang memonopoli kinerja. Hanya dengan beberapa ketukan, Anda dapat membuat Greenify secara otomatis menghentikan aplikasi yang dipilih agar tidak berjalan di latar belakang. Ingatlah bahwa Anda harus memilih aplikasi yang ingin Anda Greenify secara manual.

Misalnya, jika Anda tidak bergantung pada Google Maps dan tidak ingin berjalan di latar belakang membuat permintaan lokasi, cukup pilih aplikasi dengan Greenify. Ini akan menghentikan Maps dari berjalan di latar belakang segera setelah layar mati. Bahkan jika aplikasi yang mengganggu dimulai secara otomatis, Greenify segera menghentikannya.

Mempertimbangkan seberapa agresif Greenify, jangan pernah aplikasi Greenfiy seperti pesan instan, jam alarm, dan aplikasi lain apa pun yang ingin Anda jalankan di latar belakang.

Greenify dapat bekerja dengan sempurna pada perangkat yang tidak di-root dan yang di-root. Namun, pengguna perangkat yang tidak di-root akan melihat layar gelap dengan pesan hibernasi selama beberapa detik saat Anda mematikan layar. Ini tidak dapat dihindari karena pembatasan Android.

Baca juga  Download Aplikasi Cek Bansos Tahun 2023 Terbaru

Fitur Greenify termasuk tertidur agresif, tertidur saat bepergian, hibernasi dangkal, hibernasi otomatis, pelacakan bangun, dll. Jika perangkat Anda di-root dan kerangka kerja Xposed terpasang, Anda dapat menggunakan fitur tambahan seperti penghitung waktu bangun, bangun telepon, Dorongan GCM (Google Cloud Messaging) untuk aplikasi yang dihijaukan, kemampuan Menghijaukan aplikasi sistem, kemampuan untuk mengungkapkan tugas sinkronisasi akun tersembunyi, dll.

Secara umum, pengembang Greenify merekomendasikan untuk tidak menghijaukan setiap aplikasi. Juga, hindari terus-menerus menutup aplikasi Anda dari daftar aplikasi terbaru. Pengelolaan Android cukup pintar untuk mengelola memori dan baterai. Sementara, terus-menerus menutupnya akan mengakibatkan berkurangnya masa pakai baterai.

Accu Battery

Accu Battery

AccuBattery adalah aplikasi lain yang saya sukai dan gunakan sebelumnya untuk meningkatkan masa pakai baterai di perangkat Android saya yang lain. Dibandingkan dengan aplikasi penghemat baterai lainnya, AccuBattry memiliki tapak yang lebih kecil tetapi memiliki banyak fitur untuk mengelola baterai perangkat dengan benar.

Beberapa fitur tersebut termasuk prediksi baterai untuk penggunaan aktif dan mode siaga, kemampuan untuk memantau penggunaan baterai Anda, memeriksa berapa kali perangkat Anda dibangunkan dari tidur nyenyak, mengukur kapasitas baterai sebenarnya, kecepatan pengosongan terperinci, dan log konsumsi baterai per aplikasi , sisa pengisian daya dan waktu penggunaan, riwayat mendetail, dukungan untuk layar AMOLED, dll. Ada lebih banyak opsi. Luangkan sedikit waktu dengan aplikasi untuk membiasakan diri dengannya.

Selain untuk memantau baterai Anda, Anda juga dapat menggunakan AccuBattery untuk melihat seberapa cepat pengisi daya atau kabel USB Anda mengisi daya perangkat Anda bukan dengan prediksi tetapi dengan benar-benar mengukur arus pengisian daya.

Amplify

Amplify

Amplify adalah aplikasi root-only dan open source yang meningkatkan masa pakai baterai perangkat Android dengan mengontrol seberapa sering perangkat Anda bangun. yaitu, itu menghentikan wakelocks. Sederhananya, Amplify mengidentifikasi semua aplikasi yang berjalan di latar belakang, menganalisisnya, lalu menghentikan aplikasi yang mencegah perangkat Anda masuk ke mode tidur. Aplikasi ini termasuk alarm, aplikasi perpesanan instan, dan layanan latar belakang lainnya.

Baca juga  Download Cookie Run Kingdom Mod Apk Unlimited Money & Unlocked all

Hal terbaiknya adalah, Amplify memiliki deskripsi mendetail untuk semua aplikasi sehingga Anda dapat memutuskan apakah akan menghentikan aplikasi atau tidak. Karena itu, Amplify dikonfigurasikan secara optimal di luar kotak. Cukup gunakan pengaturan yang disarankan dan Anda siap melakukannya.

Servicely

Servicely

Servicely adalah aplikasi penghemat baterai hanya root yang sangat mirip dengan Greenify. Menjadi aplikasi yang bekerja dengan izin root, ini dapat mengelola perangkat Android Anda secara efektif dan meningkatkan masa pakai baterai dengan cara yang sungguh-sungguh.

Salah satu cara Servicely bekerja adalah dengan menghentikan dan bahkan menonaktifkan layanan dan aplikasi latar belakang secara otomatis. Itu juga dapat menangani aplikasi dan layanan yang dimulai secara otomatis.

Perlu diingat bahwa aplikasi hanya menampilkan layanan dan aplikasi apa yang berjalan di latar belakang, Anda harus memilih secara manual mana yang akan dihentikan atau dinonaktifkan. Setelah Anda memilih aplikasi dan layanan target, Servicely akan mulai berfungsi segera setelah tampilan dimatikan.

Menjadi aplikasi root, berhati-hatilah dengan aplikasi dan layanan apa yang Anda hentikan. Tentu saja, Anda harus berhati-hati dengan apa yang Anda lakukan saat perangkat Anda di-root.

Brevent

Brevent

Brevent adalah alternatif open source untuk Greenify, yaitu dapat mencegah aplikasi berjalan dalam waktu lama. Tapi tidak seperti Greenify, itu tidak memerlukan akses root. Padahal, ini disertai dengan biaya untuk menghubungkan ponsel Anda ke komputer dan menjalankan perintah adb setiap kali Anda mematikan ponsel atau memulai ulang.

Jika Anda memiliki akses root, maka Anda dapat menggunakan mode root percobaan yang Anda gunakan untuk menggunakan aplikasi tanpa harus menjalankan perintah ADB.

Avast Battery Saver

Avast Battery Saver

Selain dari aplikasi antivirus Android, Avast juga mengembangkan aplikasi penghemat baterai yang cukup bagus. Antarmuka pengguna Penghemat Baterai Avast minimal. Sama seperti dua aplikasi di atas, Avast melakukan segalanya untuk Anda di latar belakang, yang harus Anda lakukan hanyalah mengetuk tombol Berhenti Menjalankan Aplikasi. Tentu saja, Anda dapat memasukkan aplikasi daftar putih atau daftar hitam agar tidak berjalan di latar belakang dari panel pengaturan.

Baca juga  SBO TV Apk Mod Live Streaming Bola Tanpa Iklan

Salah satu fitur menarik dari Avast Battery Saver adalah profil cerdasnya. Tergantung di mana Anda berada, seperti di rumah atau di tempat kerja, Anda dapat mengatur pengaturan pengoptimalan baterai tertentu. Jika perlu, Anda dapat memicu pengaturan khusus tersebut saat berada di alamat tertentu. Anda bahkan dapat mengatur dan memodifikasi profil Darurat yang akan diaktifkan saat daya ponsel Anda di bawah 25%.

Secara keseluruhan, Avast Battery Saver adalah aplikasi yang sangat sederhana dan lugas yang melakukan persis seperti yang dikatakannya. Cobalah dan lihat apakah itu sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Jadi, ini adalah beberapa aplikasi penghemat baterai terbaik untuk Android. Sementara, aplikasi ini akan membantu Anda memperpanjang masa pakai baterai Anda dengan margin yang layak. Secara umum, pertahankan kecerahan rendah, matikan semua layanan lokasi, dan sediakan power bank, adalah cara yang tepat.