7 Cara Mencegah Ponsel Samsung Galaxy Anda Dari Kepanasan atau Overheating

Gotop.id – Panas yang berlebihan tidak baik untuk perangkat apa pun, apalagi ponsel Anda. Itu tidak hanya dapat merusak komponen internal ponsel Anda, tetapi juga merusak kinerjanya. Secara alami, Anda ingin menghindari ini dengan cara apa pun. Untuk membantu Anda dengan hal yang sama, kami telah menyusun daftar tip efektif yang akan membantu Anda mencegah ponsel Samsung Galaxy Anda dari kepanasan. Jadi, mari kita mulai.

Berikut ini untuk Menjaga Ponsel Samsung Anda Dari Overheating

Salah satu alasan paling umum mengapa ponsel Anda terlalu panas adalah jika kecerahan layar terlalu tinggi. Jika menyesuaikan kecerahan secara manual di bawah kondisi pencahayaan yang berbeda terdengar seperti tugas, Anda dapat mengaktifkan fitur kecerahan otomatis di ponsel Samsung Anda. Selanjutnya, Anda harus menghindari ponsel Anda terkena sinar matahari langsung untuk waktu yang lama.

Penggunaan aplikasi intensif sumber daya yang berlebihan juga dapat menyebabkan ponsel Anda menjadi terlalu panas. Misalnya, jika Anda menggunakan aplikasi kamera untuk merekam video berkualitas tinggi atau memainkan game yang menuntut grafis, ponsel Anda mungkin terlalu panas. Yang terbaik adalah beristirahat di antara tugas-tugas tersebut agar ponsel Anda menjadi dingin.

Sangat normal jika ponsel Anda menghasilkan panas saat mengisi daya. Namun, menggunakan pengisi daya atau kabel USB yang tidak kompatibel dapat menyebabkan telepon menjadi terlalu panas saat mengisi daya. Untuk menghindari hal ini, Anda sebaiknya hanya menggunakan kabel dan adaptor bersertifikasi Samsung untuk mengisi daya ponsel.

Baca juga  SBO TV Apk Mod Live Streaming Bola Tanpa Iklan

Jika ponsel Samsung Anda terus menjadi terlalu panas meskipun Anda telah berusaha sebaik mungkin, Anda mungkin menghadapi masalah yang berbeda. Dalam hal ini, Anda dapat mencoba tips pemecahan masalah yang tercantum di bawah ini.

1. Optimalkan Ponsel Menggunakan Perawatan Perangkat (Device Care)

Fitur Perawatan perangkat (Device Care) di One UI dapat mengoptimalkan ponsel Anda untuk kinerja yang lebih baik. Itu membersihkan memori, menghapus file yang tidak perlu, dan menutup aplikasi latar belakang. Ini mengurangi beban kerja prosesor dan memungkinkan ponsel Anda menjadi dingin dengan cepat.

1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Anda dan arahkan ke Baterai dan perawatan perangkat.

Device Care

2. Ketuk Optimalkan sekarang dan ketuk Selesai.

Device Care

2. Nonaktifkan Pengisian Cepat (Fast Charging) Saat Tidak Diperlukan

Sebagian besar ponsel Samsung mendukung Fast Charging akhir-akhir ini, memungkinkan Anda mengisi daya perangkat dalam hitungan menit. Namun saat Anda menggunakan pengisian daya cepat, suhu pengisian daya lebih tinggi dari biasanya. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan menonaktifkan fitur pengisian cepat saat Anda tidak membutuhkannya.

1. Luncurkan aplikasi Pengaturan dan arahkan ke Baterai dan perawatan perangkat. Kemudian, pilih Baterai.

Fast Charging

2. Scroll ke bawah untuk mengetuk Pengaturan baterai lainnya. Kemudian, nonaktifkan sakelar di sebelah Fast charging, Super fast charging, dan Fast wireless charging.

Fast Charging

3. Batasi Jumlah Proses Latar Belakang

Menjalankan terlalu banyak aplikasi sekaligus juga dapat menurunkan kinerja ponsel Anda dan menyebabkannya menjadi terlalu panas. Ini terutama berlaku untuk ponsel non-andalan. Jika Anda tidak memiliki kebiasaan menghapus aplikasi dari menu aplikasi terbaru, Anda dapat membatasi jumlah proses latar belakang yang disimpan Android. Begini caranya.

1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Anda dan gulir ke bawah untuk mengetuk Tentang ponsel.

Baca juga  Cara Menghasilkan Uang dengan Menjual Foto Secara Online

Background Processes

2. Buka Informasi perangkat lunak dan ketuk nomor Build tujuh kali. Ini akan membuka Opsi Pengembang di ponsel Anda.

Background Processes

3. Kembali ke halaman Pengaturan dan ketuk opsi Pengembang.

Background Processes

4. Ketuk Batas proses latar belakang dan pilih jumlah proses latar belakang yang harus dipertahankan Android.

Background Processes

4. Nonaktifkan Layanan yang Tidak Diinginkan (Unwanted Services)

Bahkan saat Anda melakukan tugas dasar di ponsel, beberapa layanan seperti Wi-Fi, Bluetooth, lokasi, NFC, dan lainnya tetap berjalan di latar belakang. Misalnya, jika Bluetooth diaktifkan tetapi ponsel tidak tersambung ke perangkat, ponsel akan terus memindai perangkat terdekat. Hal ini tidak hanya menguras baterai ponsel Anda, tetapi juga terkadang menyebabkannya menghasilkan panas.

Oleh karena itu, sebaiknya matikan layanan seperti Wi-Fi, Bluetooth, NFC, dan lokasi saat Anda tidak menggunakannya.

5. Periksa Aplikasi Berbahaya

Google Play Protect adalah fitur perlindungan malware yang memeriksa setiap aplikasi di ponsel Android Anda. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menentukan apakah aplikasi jahat menyebabkan ponsel Anda terlalu panas. Begini caranya.

1. Buka Google Play Store di ponsel Anda. Ketuk gambar profil Anda di sudut kanan atas dan pilih Play Protect.

Harmful Apps

2. Ketuk tombol Pindai untuk memulai proses.

Harmful Apps

Jika Google Play Protect menemukan aplikasi berbahaya, Anda harus mempertimbangkan untuk segera mencopot pemasangannya.

6. Pindai Ponsel Anda dari Malware

Jika ponsel Samsung Anda terinfeksi virus atau malware, ponsel mungkin menjadi terlalu panas meskipun Anda tidak menggunakannya. Ini terjadi ketika malware mencoba mengekstrak data dan mencuri informasi pribadi Anda untuk tujuan terlarang. Untuk mengesampingkan kemungkinan ini, Anda dapat menggunakan fitur Perlindungan perangkat di ponsel Samsung Anda untuk memindainya.

Baca juga  Adobe Lightroom Mod APK Premium Unlocked Terbaru

1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Anda dan arahkan ke Baterai dan perawatan perangkat.

2. Buka Perlindungan perangkat dan ketuk tombol Pindai telepon untuk memulai pemindaian.

Scan Malware

Jika ditemukan ancaman atau aplikasi berbahaya, lakukan langkah yang disarankan untuk menghapusnya.

7. Periksa Kesehatan Baterai

Jika tidak ada solusi yang berhasil, ada kemungkinan kesehatan baterai ponsel Anda menurun secara signifikan dan perlu diganti. Tidak seperti iOS, Android tidak menawarkan opsi asli untuk memeriksa kesehatan baterai. Namun, Samsung adalah salah satu dari sedikit produsen Android yang menyertakan metode untuk memeriksa kesehatan baterai.

1. Luncurkan aplikasi Anggota Samsung (Samsung Members)di ponsel Anda, navigasikan ke tab Dukungan, dan ketuk Lihat tes.

Samsung Members

2. Selanjutnya, ketuk status Baterai dan lihat pembacaan kesehatan baterai Anda dari menu berikut. Jika terbaca Lemah, Anda harus mengganti baterai untuk menghindari masalah panas berlebih. Jika tertulis, Baik atau Normal, Anda seharusnya baik-baik saja.

Samsung Members

Kesimpulan

Sekarang, Anda tahu semua cara yang mungkin untuk mencegah ponsel Samsung Anda dari kepanasan. Selain dari yang di atas, Anda juga harus me-reboot ponsel Anda sesekali dan terus memperbaruinya dengan perangkat lunak terbaru untuk menghilangkan gangguan dan bug sistem.