8 Cara Meningkatkan Masa Pakai Baterai Android

Gotop.id – Mungkin butuh beberapa tips untuk meningkatkan masa pakai baterai Android Anda? Artikel ini solusi yang anda butuhkan untuk memperpanjang masa pakai baterai ponsel anda. Kebanyakan pengguna smartphone selalu mencari ponsel dengan daya tahan baterai yang baik.

Jika anda telah memiliki ponsel selama beberapa tahun, anda mungkin memperhatikan bahwa baterainya tidak bertahan lama layaknya seperti ponsel yang masih baru.

8 Cara Meningkatkan Masa Pakai Baterai Android

Namun, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan masa pakai baterai. Jika anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara terbaik untuk menghemat masa pakai baterai, berikut adalah beberapa tip yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan masa pakai baterai ponsel Android Anda.

Cara menambah umur baterai android

1. Menghemat baterai Android dengan menonaktifkan always on display

Perangkat Android sekarang memiliki fitur Always On Display dimana fitur ini membuat layar perangkat Samsung Anda tetap menyala, menampilkan waktu, tanggal, persentase baterai, ikon notifikasi yang belum dibaca, dan animasi yang mewah, bahkan saat dalam keadaan batterai rendah. Ini adalah cara yang bagus untuk mengetahui waktu dan melihat sekilas pemberitahuan yang belum dibaca atau terlewatkan, tetapi ini menghabiskan masa pakai baterai. Menonaktifkan Always On Display akan sangat meningkatkan masa pakai baterai perangkat Anda. Cukup buka Pengaturan > Kunci layar dan matikan fiturnya.

Baca juga  Cara Membuat Kode QR untuk Situs Web Apa Pun

2. Mengatur tampilan ke resolusi 60Hz dan HD+

Samsung menawarkan beberapa pengaturan tampilan yang dapat Anda ubah untuk pengalaman menonton yang lebih baik. Di Galaxy flagships, Anda mendapatkan opsi untuk gerakan halus dan resolusi layar, sementara mid-ranger seperti Galaxy A72 dan Galaxy A52 5G menawarkan yang pertama. Menyetel Motion Smoothing ke Standar dan resolusi layar ke HD+ akan meningkatkan masa pakai baterai Android. Buka Pengaturan > Tampilan > Penghalusan gerakan dan pilih Standar untuk mengubah kecepatan penyegaran layar menjadi 60Hz. Untuk resolusi, buka Pengaturan > Tampilan > Resolusi layar dan sentuh HD+.

3. Gunakan mode gelap

Samsung secara luas dianggap sebagai raja tampilan smartphone. OLED-nya tajam, kuat, dan indah, paling tidak, terutama saat dipasangkan dengan kecepatan refresh 120Hz dan resolusi Quad HD+ seperti pada Galaxy S22 Ultra. Selain semua kebaikan tampilan layar, OLED juga dapat membantu menghemat masa pakai baterai. Tidak seperti LCD, OLED tidak memiliki lampu latar dan akibatnya, mengkonsumsi lebih sedikit daya saat menampilkan piksel berwarna gelap. Konon, perbedaan dalam meningkatkan baterai Android mungkin tidak terlihat pada tingkat kecerahan yang lebih rendah. Namun, jika Anda menggunakan layar dengan kecerahan penuh, Anda akan mendapatkan masa pakai baterai yang jauh lebih lama setelah Anda beralih. Ada juga manfaat dari keterbacaan yang lebih baik dan mengurangi ketegangan mata. Aktifkan mode gelap dengan membuka Pengaturan > Tampilan dan ketuk opsi Gelap di bagian atas.

4. Gunakan mode hemat energi

Tidak ada yang dapat memaksimalkan pengurasan baterai pada perangkat Anda seperti mode penghemat baterai Android. Setelah diaktifkan, itu akan membatasi penggunaan jaringan latar belakang, sinkronisasi dan pemeriksaan lokasi, dan mengubah kecepatan penyegaran menjadi 60Hz.Jika Anda tidak sepenuhnya puas, Anda dapat memperpanjang masa pakai baterai dengan mengaktifkan opsi untuk, Matikan Layar selalu aktif, batasi maksimum Kecepatan CPU hingga 70%, kurangi kecerahan hingga 10%, dan batasi aplikasi dan layar beranda (batasi aktivitas latar belakang, terapkan layar beranda yang disederhanakan, batasi aplikasi yang tersedia, dan matikan Edge Panels ). Anda dapat mengaktifkan mode daya rendah dengan membuka Setelan > Perawatan baterai perangkat Baterai Hemat daya. Anda juga dapat menggunakan panel Pengaturan Cepat untuk mengaktifkannya lebih cepat.

Baca juga  Social Spy WhatsApp APK Aplikasi Sadap WA 2023

5. Cara menghemat baterai dengan menguninstall atau mencopot aplikasi yang tidak Anda gunakan

Mode hemat daya Samsung memberlakukan beberapa batasan pada berbagai aspek perangkat Anda. Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih spesifik, Mode Tidur untuk aplikasi adalah pilihan. Setelah diaktifkan, sistem secara otomatis menempatkan aplikasi yang tidak digunakan untuk tidur (mereka akan berjalan minimal di latar belakang) atau tidur nyenyak (mereka tidak akan berjalan di latar belakang sama sekali). Anda juga dapat menambahkan aplikasi secara manual ke keduanya. Aplikasi yang tidak aktif akan tetap berada di laci aplikasi atau layar utama Anda dan hanya akan keluar dari keadaan ini saat Anda membukanya. Cukup buka Pengaturan > Baterai & perawatan perangkat > Baterai > Batas penggunaan latar belakang untuk mengaktifkannya.

6. Close pemasangan atau nonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan

Beberapa aplikasi menjalankan proses latar belakang yang dapat memengaruhi masa pakai baterai. Mode tidur sangat bagus untuk meningkatkan masa pakai baterai, tetapi mencopot pemasangan mungkin merupakan opsi terbaik jika Anda memiliki aplikasi yang jarang digunakan. Tekan lama aplikasi di layar beranda atau di laci aplikasi, ketuk ikon Uninstall, lalu OK. Android masih bagus dalam menggabungkan aplikasi internal dan bahkan pihak ketiga dengan ponsel cerdas Anda. Sayangnya, beberapa di antaranya tidak dapat di-uninstall (setidaknya tidak secara langsung). Namun, Anda dapat menonaktifkannya untuk meningkatkan baterai Android. Cukup buka Pengaturan > Aplikasi > pilih aplikasi > ketuk Nonaktifkan.

7. Nonaktifkan GPS, WIfi dan Bluetooth perangkat untuk memperpanjang masa pakai baterai

Memindai perangkat terdekat menyebabkan ponsel Anda mencari perangkat terdekat secara berkala dan menampilkan pemberitahuan saat terdeteksi, sehingga Anda dapat terhubung. Fitur ini dapat bermanfaat, tetapi tidak semuanya diperlukan untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Jika Anda telah memasangkan aksesori yang biasa digunakan seperti headphone dan speaker nirkabel ke perangkat, Anda mungkin juga ingin menonaktifkan pemindaian perangkat di sekitar untuk meningkatkan masa pakai baterai. Buka saja Pengaturan> Koneksi> Pengaturan koneksi lainnya dan nonaktifkan fitur tersebut.

Baca juga  Cara Menyimpan File di Google Drive

8. Gunakan aplikasi Bixby untuk menghemat baterai Android Samsung

Kebanyakan orang tidak menyukai Samsung Bixby, dan tidak sulit untuk mengetahui alasannya. Meskipun merupakan asisten hebat untuk fungsi offline dan pencarian dalam perangkat, ini tidak secanggih Asisten Google dalam hal kecerdasan dan konteks. Bixby Routines, di sisi lain, adalah masalah yang berbeda. Mereka menawarkan beberapa pemicu yang berguna untuk mengotomatiskan tugas. Berbicara tentang otomatisasi, Anda dapat mengatur rutinitas Bixby untuk secara otomatis masuk ke mode daya rendah di malam hari jika perangkat Anda tidak tersambung. Kalian juga dapat mengaturnya untuk mengurangi batas waktu layar atau mematikan data seluler atau WiFi. Anda bahkan dapat mengatur rutinitas khusus berdasarkan perjalanan harian Anda atau saat bepergian – kemungkinannya tidak terbatas. Anda dapat mengakses Bixby Routines di perangkat Galaxy Anda dengan membuka Pengaturan Fitur Lanjutan Rutinitas Bixby.

Penutup

Beberapa kiat ini, seperti yang terkait dengan Mode Gelap dan Layar Selalu Aktif, berlaku untuk ponsel Android yang lebih baru, sedangkan yang melibatkan Rutinitas Bixby khusus untuk ponsel Samsung. Apa pun perangkat Galaxy yang Anda miliki, Anda dapat menggunakan tips ini untuk meningkatkan masa pakai baterai dan mendapatkan hasil maksimal dari sekali pengisian daya.