Begini Cara Menghubungkan Android ke TV

Gotop.id – Adanya TV modern saat ini banyak aplikasi streaming yang terus meningkat, pencerminan konten dari ponsel atau tablet jarang menjadi solusi masuk untuk mengakses konten tersebut di layar yang lebih besar – setidaknya saat Anda di rumah. Namun saat Anda jauh dari rumah dan tidak masuk ke aplikasi Anda sendiri, Anda menggunakan TV lama tanpa fungsi pintar, atau konten yang ingin Anda tampilkan adalah milik Anda – foto dan video yang diambil di ponsel Anda, misalnya – ada solusi lain yang lebih disukai.

Anda dapat menyambungkan ponsel atau tablet Android ke TV secara nirkabel atau menggunakan kabel. Kami akan menguraikan opsi Anda di bawah ini.

Hubungkan Android ke TV dengan HDMI

Begini Cara Menghubungkan Android ke TV

Jika Anda tidak ingin mengutak-atik pengaturan, solusi paling sederhana untuk menyambungkan ponsel atau tablet Android Anda ke TV menggunakan kabel HDMI – asalkan perangkat Anda mendukung streaming melalui HDMI. Sambungkan satu ujung ke port di bagian belakang TV, dan ujung lainnya ke port pengisian daya di ponsel, lalu ubah Sumber di TV untuk melihat input HDMI.

Anda akan melihat bahwa kabel HDMI standar tidak cocok dengan telepon Anda. Jika ponsel atau tablet Anda memiliki port USB-C, ini sangat mudah digunakan, dan Anda dapat membeli kabel HDMI yang memiliki koneksi USB-C di salah satu ujungnya.

Jika ponsel atau tablet Anda memiliki koneksi Micro-USB yang lebih lama, segalanya menjadi sedikit lebih rumit. Anda dapat menggunakan adaptor MHL (Mobile High-Definition Link), di mana Anda juga harus menyambungkan kabel HDMI standar. Perhatikan bahwa adaptor biasanya perlu ditenagai oleh USB, dan tidak semua ponsel dan tablet Android mendukung MHL.

Baca juga  Cara Cek Nomor IMEI iPhone Resmi ibox Asli atau Palsu

SlimPort adalah istilah lain yang mungkin Anda dengar disebutkan. Ini adalah teknologi yang mirip tetapi sedikit berbeda dengan MHL, dan tidak memerlukan sumber daya terpisah. Itu dapat menghasilkan HDMI, VGA, DVI atau DisplayPort, sementara MHL terbatas pada HDMI. Dalam pengalaman kami, banyak orang menggunakan istilah ini secara bergantian, tetapi pada dasarnya mereka hanya berbicara tentang adaptor atau kabel yang dapat mengubah umpan dari USB ke HDMI.

Beberapa tablet mungkin juga menampilkan koneksi Micro-HDMI atau Mini-HDMI, yang akan menyederhanakan banyak hal. Dengan ini Anda dapat menggunakan kabel Micro-HDMI atau Mini-HDMI ke HDMI, tetapi Anda harus memeriksa spek perangkat Anda untuk memastikan Anda membeli kabel yang benar (koneksi ini memiliki ukuran yang berbeda). Berikut adalah contoh kabel Micro-HDMI dan Mini-HDMI yang tersedia di Amazon.

Jika Anda tidak memiliki port HDMI cadangan di bagian belakang TV, Anda mungkin juga perlu membeli sakelar HDMI untuk menambahkan lebih banyak, membebaskan port untuk menghubungkan ponsel atau tablet Anda.

Hubungkan Android ke TV secara nirkabel

Karena tidak semua ponsel dan tablet mendukung koneksi HDMI, dan kabel yang berserakan di ruang tamu bisa berantakan, solusi nirkabel mungkin lebih disukai.

Mentransmisikan konten dari ponsel atau tablet ke TV sebenarnya sangat mudah, tetapi yang membingungkan adalah banyaknya istilah yang digunakan bersamaan dengannya, mulai dari Miracast dan Layar Nirkabel hingga pencerminan layar, SmartShare, dan semua yang ada di antaranya. Ada juga AirPlay, tetapi ini hanya digunakan untuk perangkat Apple.

Saran kami adalah jangan terlalu khawatir tentang istilah-istilah ini: Anda hanya mencari opsi di Pengaturan ponsel atau tablet Anda yang mengacu pada transmisi atau pencerminan layar, yang dapat ditemukan di bawah Perangkat Terhubung atau Pengaturan Tampilan, bergantung pada perangkat Anda.

Baca juga  Cara Ampuh Membuka HP yang Terkunci dengan Mudah

Sebagian besar smart TV akan mendukung pencerminan layar dari Android. Jika Anda tidak memiliki TV pintar, perangkat tampilan nirkabel yang relatif murah seperti Chromecast dan Roku dapat memfasilitasi koneksi nirkabel antara ponsel atau tablet dan TV Anda, dan juga memiliki banyak kegunaan praktis lainnya. Periksa apakah opsi pencerminan layar diaktifkan di pengaturan perangkat mana pun yang Anda gunakan.

Sekarang kembali ke ponsel atau tablet Anda, dan pastikan terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan TV Anda. Temukan opsi transmisi dan pilih TV Anda (atau Chromecast/Roku/perangkat HDMI nirkabel lainnya) untuk mulai mencerminkan layar. Anda mungkin diminta memasukkan kode yang ditampilkan di TV untuk mengonfirmasi bahwa Anda tersambung ke perangkat yang benar.

Anda ingin meletakkan ponsel atau tablet Anda dalam mode lansekap, pastikan konten yang ingin Anda lihat terbuka dalam mode layar penuh, dan pastikan volumenya tidak dikecilkan atau dimatikan. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk menyetel opsi Jangan Ganggu untuk mencegah notifikasi masuk mengganggu pemutaran, terutama jika cenderung bersifat pribadi.

Jika aplikasi ponsel atau tablet tempat Anda melihat konten memiliki ikon Cast di atasnya, atau ponsel atau tablet Anda memiliki opsi Cast di setelan akses cepat di bilah notifikasi pull-down Android, proses ini merata lebih sederhana: ketuk Cast dan pilih TV atau perangkat pintar Anda untuk memulai pencerminan layar.

Perhatikan bahwa beberapa aplikasi, seperti dari Sky, tidak akan memungkinkan Anda untuk mentransmisikan kontennya ke layar yang lebih besar. Tidak ada cara untuk menyiasatinya tanpa membayar paket yang memungkinkan Anda menonton konten tersebut di TV daripada seluler.