Cara Ampuh Membuka HP yang Terkunci dengan Mudah

Gotop.id – Jika Anda mengalami masalah dengan HP yang terkunci dan tidak bisa digunakan karena lupa password, lupa pin atau sensor sidik jari rusak, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk membuka HP yang terkunci dan mengembalikan akses ke perangkat Anda.

Jika Anda lupa kata sandi atau pola pengunci ponsel Anda, Anda masih dapat mengakses perangkat dengan mencoba beberapa cara untuk membuka kunci ponsel. Beberapa metode yang dapat dicoba termasuk menggunakan kombinasi angka dan huruf, PIN, atau sensor sidik jari. Jangan khawatir, ponsel Anda masih bisa diakses dengan cara ini.

Sebelum mencoba cara yang akan saya sampaikan, ingatlah bahwa cara ini hanya dapat digunakan untuk membuka kunci ponsel Anda sendiri. Jangan menggunakan trik ini untuk mencoba membuka kunci ponsel orang lain dengan niat jahat. Hanya gunakan untuk kepentingan pribadi Anda sendiri. Jangan lupa untuk memperhatikan hal ini. Baiklah berikut caranya:

1. Membuka dengan Android Device Manager atau Find My Device

Find My Device

Cara pertama untuk membuka kunci ponsel yang lupa kata sandi adalah dengan menggunakan Android Device Manager atau fitur yang sekarang dikenal sebagai Find My Device, layanan resmi dari Google. Dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat mengakses perangkat Anda secara online dan mengatur ulang kata sandi atau pola pengunci ponsel Anda. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs web Android Device Manager atau Find My Device pada perangkat lain.
  2. Masuk ke akun Google yang terhubung dengan perangkat yang terkunci.
  3. Pilih perangkat yang ingin Anda buka kunci.
  4. Pilih opsi “Kunci perangkat” atau “Blokir perangkat” dan ikuti instruksi yang diberikan untuk mengatur ulang kata sandi atau pola pengunci ponsel Anda.
  5. Setelah kata sandi atau pola pengunci berhasil diatur ulang, Anda dapat masuk ke perangkat Anda seperti biasa.

Ingatlah bahwa untuk dapat menggunakan layanan ini, perangkat Anda harus terhubung ke internet dan terdaftar di akun Google Anda. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menggunakan layanan ini, hubungi tim dukungan Google untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

2. Membuka dengan Samsung Find My Mobile

Membuka dengan Samsung Find My Mobile

Jika cara pertama yang saya sampaikan di atas tidak berhasil, dan Anda menggunakan perangkat Samsung, Anda dapat mencoba layanan serupa dari Samsung yang disebut Find My Mobile. Layanan ini mirip dengan Android Device Manager dan memungkinkan Anda untuk mengakses perangkat Anda secara online dan mengatur ulang kata sandi atau pola pengunci perangkat Anda. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs web Find My Mobile pada perangkat lain.
  2. Masuk ke akun Samsung yang terhubung dengan perangkat yang terkunci.
  3. Pilih perangkat yang ingin Anda buka kunci.
  4. Pilih opsi “Kunci perangkat” atau “Blokir perangkat” dan ikuti instruksi yang diberikan untuk mengatur ulang kata sandi atau pola pengunci perangkat Anda.
  5. Setelah kata sandi atau pola pengunci berhasil diatur ulang, Anda dapat masuk ke perangkat Anda seperti biasa.
Baca juga  Begini Cara Menghapus Cache di Android

Ingatlah bahwa untuk dapat menggunakan layanan ini, perangkat Anda harus terhubung ke internet dan terdaftar di akun Samsung Anda. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menggunakan layanan ini, hubungi tim dukungan Samsung untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

3. Buka Kunci Ponsel dengan Fitur Forgot Pattern

Forgot Pattern

Jika perangkat Anda masih menggunakan sistem operasi Android 4.4 KitKat atau versi yang lebih rendah, Anda masih dapat menggunakan fitur “Lupa pola” untuk membuka kunci perangkat Anda. Fitur ini akan meminta Anda untuk masuk ke akun Google yang terhubung dengan perangkat Anda untuk mengatur ulang kata sandi atau pola pengunci perangkat Anda. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan pola pengunci yang salah sebanyak empat kali berturut-turut.
  2. Setelah itu, Anda akan melihat opsi “Lupa pola”. Pilih opsi ini.
  3. Anda akan diminta untuk masuk ke akun Google yang terhubung dengan perangkat Anda. Masuk dengan menggunakan email dan kata sandi Anda.
  4. Setelah masuk, Anda akan dapat mengatur ulang kata sandi atau pola pengunci perangkat Anda.
  5. Setelah kata sandi atau pola pengunci berhasil diatur ulang, Anda dapat masuk ke perangkat Anda seperti biasa.

Ingatlah bahwa untuk dapat menggunakan fitur ini, perangkat Anda harus terhubung ke internet dan terdaftar di akun Google Anda. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menggunakan fitur ini, hubungi tim dukungan Google untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

4. Buka Kunci Ponsel menggunakan ADB untuk Menghapus Password

Buka Kunci HP dengan ADB USB Debugging

Cara berikutnya untuk membuka kunci ponsel yang lupa kata sandi atau pola hanya akan bekerja jika Anda telah mengaktifkan USB Debugging sebelumnya. USB Debugging adalah fitur yang memungkinkan perangkat Anda untuk terhubung ke komputer dan menjalankan perintah-perintah tertentu melalui perangkat lunak pengembangan. Jika Anda belum mengaktifkan USB Debugging sebelumnya, Anda tidak dapat menggunakan cara ini untuk membuka kunci ponsel Anda. Namun, jika Anda sudah mengaktifkan fitur ini, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut:

  1. Hubungkan perangkat Anda ke komputer menggunakan kabel USB.
  2. Buka perangkat lunak pengembangan seperti Android Studio atau ADB.
  3. Jalankan perintah “adb shell rm /data/system/gesture.key” untuk menghapus file yang menyimpan pola pengunci perangkat Anda.
  4. Matikan perangkat Anda, kemudian hidupkan kembali.
  5. Setelah perangkat menyala, Anda akan dapat masuk ke perangkat Anda tanpa menggunakan kata sandi atau pola pengunci.
Baca juga  Cara Cek Nomor IMEI iPhone Resmi ibox Asli atau Palsu

Ingatlah bahwa cara ini hanya bekerja jika Anda sudah mengaktifkan USB Debugging sebelumnya dan hanya dapat dilakukan oleh pengguna yang memiliki pengetahuan tentang perangkat lunak pengembangan. Jika Anda tidak yakin tentang cara ini atau tidak memiliki kemampuan untuk mengikuti langkah-langkah tersebut, sebaiknya jangan mencoba cara ini dan carilah bantuan dari profesional.

5. Membuka Layar Kunci Ponsel menggunakan Ponsel Orang Lain

Membuka Layar Kunci Ponsel menggunakan Ponsel Orang Lain

Cara selanjutnya yang dapat Anda coba untuk membuka pola pengunci ponsel yang terkunci atau lupa adalah dengan menggunakan bantuan ponsel Android milik orang lain. Cara ini cukup mudah dilakukan dan tidak akan menghapus data yang ada di dalam perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Mintalah bantuan dari seseorang yang memiliki ponsel Android yang belum terkunci.
  2. Hubungkan perangkat Anda yang terkunci ke ponsel Android milik orang lain menggunakan kabel USB.
  3. Buka aplikasi File Manager di ponsel Android milik orang lain dan akses folder “data” di dalam folder sistem.
  4. Cari dan hapus file bernama “gesture.key” atau “password.key” yang terdapat di dalam folder tersebut. File ini menyimpan informasi pola pengunci perangkat Anda.
  5. Matikan perangkat Anda, kemudian hidupkan kembali.
  6. Setelah perangkat menyala, Anda akan dapat masuk ke perangkat Anda tanpa menggunakan kata sandi atau pola pengunci.

Ingatlah bahwa cara ini hanya bekerja jika Anda memiliki akses ke ponsel Android milik orang lain yang belum terkunci. Jika Anda tidak memiliki akses ke perangkat lain, Anda tidak dapat menggunakan cara ini untuk membuka kunci perangkat Anda. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengikuti langkah-langkah di atas, sebaiknya carilah bantuan dari profesional.

6. Membuka Kunci Ponsel yang Lupa Menggunakan Safe Mode

Membuka Kunci Ponsel yang Lupa Menggunakan Safe Mode

Jika permasalahan yang Anda hadapi terjadi akibat aplikasi pihak ketiga, Anda dapat mencoba menjalankan perangkat Anda di Safe Mode sebagai cara alternatif untuk membuka pola pengunci ponsel yang terkunci. Cara masuk ke Safe Mode bervariasi tergantung dari jenis dan merek perangkat Anda, tetapi pada umumnya Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol power hingga muncul opsi “Power off”.
  2. Tahan tombol “Power off” hingga muncul opsi “Reboot to safe mode”.
  3. Pilih opsi “Reboot to safe mode” dan tunggu hingga perangkat Anda boot ke Safe Mode.
  4. Setelah masuk ke Safe Mode, coba buka pola pengunci ponsel Anda seperti biasa. Jika Anda dapat masuk ke perangkat, itu berarti permasalahan terjadi akibat aplikasi pihak ketiga.
  5. Untuk mencari tahu aplikasi mana yang menyebabkan masalah, coba uninstall aplikasi-aplikasi yang baru saja Anda instal satu per satu. Setelah menguninstall aplikasi, coba masuk ke perangkat Anda lagi untuk melihat apakah masalahnya sudah teratasi.
  6. Jika Anda sudah menemukan aplikasi yang menyebabkan masalah, Anda dapat menguninstall aplikasi tersebut dan kembali ke mode normal untuk menggunakan perangkat Anda seperti biasa.
Baca juga  Cara Mengatasi Layar Google Meet Tidak Berfungsi di Desktop

Ingatlah bahwa Safe Mode hanya dapat digunakan untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga. Jika masalah terjadi akibat kesalahan sistem atau perangkat keras, cara ini tidak akan bekerja. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengikuti langkah-langkah di atas, sebaiknya carilah bantuan dari profesional.

7. Membuka Layar Kunci Ponsel dengan Akun Google

Membuka Layar Kunci Ponsel dengan Akun Google

Akun Google yang Anda miliki juga dapat digunakan untuk mengatur ulang pola pengunci ponsel, terutama jika Anda masih menggunakan Android 4.4 atau versi yang lebih lama. Jika Anda ingin mengetahui cara membuka kunci ponsel yang lupa kata sandi tanpa melakukan reset menggunakan akun Google, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masukkan pola pengunci yang salah sebanyak empat kali berturut-turut.
  2. Setelah itu, Anda akan melihat opsi “Lupa pola”. Pilih opsi ini.
  3. Anda akan diminta untuk masuk ke akun Google yang terhubung dengan perangkat Anda. Masuk dengan menggunakan email dan kata sandi Anda.
  4. Setelah masuk, Anda akan dapat mengatur ulang pola pengunci perangkat Anda.
  5. Setelah pola pengunci berhasil diatur ulang, Anda dapat masuk ke perangkat Anda seperti biasa.

8. Cara Membuka Layar Kunci Ponsel via Google Assistant

Cara Membuka Layar Kunci Ponsel via Google Assistant

Anda juga dapat menggunakan aplikasi Google Assistant yang sudah terintegrasi pada setiap ponsel Android. Cara ini efektif digunakan ketika Anda sedang terburu-buru dan ingin segera mengakses HP Anda.

Anda hanya perlu mengucapkan “OK Google” maka HP Anda akan terbuka secara otomatis. Tetapi ingat, cara ini hanya akan berhasil jika Anda sudah mengaktifkan fitur Google Assistant.

9. Cara Membuka Layar Kunci Ponsel ke Service Center

Cara Membuka Layar Kunci Ponsel ke Service Center

Anda dapat mengunjungi layanan service center resmi dari merk Ponsel Anda, seperti Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, atau merk lainnya yang terdekat dengan tempat tinggal Anda.

Di sana, teknisi akan membantu membuka ponsel yang terkunci tanpa harus melakukan factory reset. Hal ini praktis dan pasti akan berhasil! Namun tentu saja, Anda harus membayar biaya tertentu untuk layanan ini.

Kesimpulan

Itulah cara-cara membuka kunci HP yang terkunci yang paling efektif sampai saat ini. Namun, karena ada banyak jenis dan merek Android, tidak ada metode yang bisa bekerja untuk semua HP. Anda bisa mencoba satu per satu metode ini untuk menemukan metode yang paling tepat dan berhasil untuk HP Anda.

Selain itu, cara-cara yang kami bagikan ini juga mungkin tidak dapat diaplikasikan pada semua kondisi. Terkadang, banyak faktor yang dapat menyebabkan cara-cara ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika Anda mengetahui cara lain untuk membuka kunci HP yang terkunci, silakan berbagi informasi di kolom komentar di bawah ini. Dan jangan lupa, jangan gunakan trik ini untuk membuka kunci pola HP orang lain tanpa seizin mereka.