Cara Kompres PDF sesuai ukuran yang diinginkan

Gotop.id – Format Dokumen Portabel (PDF) merupakan format dokumen digital yang dikembangkan oleh Adobe Systems pada tahun 1993. Kini, PDF sangat populer dan digunakan di seluruh dunia karena mampu mendukung teks, huruf, citra, dan grafik vektor 2 dimensi.

Kalian perlu menggunakan aplikasi Adobe Reader untuk membuka dan membaca file PDF yang dapat diunduh secara gratis melalui situs resmi Adobe. Format PDF memiliki beberapa keuntungan seperti fleksibilitas dokumen, kemampuan untuk dikunci, dan sulit untuk diedit dengan mudah. Jika kalian ingin membuat sebuah dokumen yang memiliki tampilan yang menarik dengan tulisan dan gambar pendukung yang mudah dibaca, maka gunakanlah format PDF.

Meskipun PDF merupakan format yang populer dan fleksibel, terkadang ukuran file dapat menjadi masalah jika terdapat banyak citra grafis di dalamnya. Ukuran yang besar dapat memakan tempat penyimpanan dan menyebabkan file ditolak saat diunggah ke server karena hanya menerima ukuran PDF dengan batasan maksimal tertentu. Masalah ini perlu diatasi agar file dapat dengan mudah diunggah dan dibagikan.

Ketika menghadapi masalah ukuran file yang besar pada file PDF, kalian dapat menggunakan teknik kompresi yang canggih untuk mengurangi ukurannya. Dengan ukuran yang lebih kecil, file tersebut akan lebih mudah diunggah ke server dan dibagikan kepada orang lain. Jadi, penting untuk berpikir kreatif dan mencari cara untuk mengompresi file PDF agar ukurannya sesuai dengan persyaratan server.

Cara Kompres File PDF

Untuk membantu kalian mengatasi masalah ukuran file yang besar pada file PDF, kami akan memberikan panduan tentang cara mengurangi ukurannya secara online dan offline, baik melalui ponsel atau komputer. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kalian ikuti untuk memperkecil ukuran file PDF dengan mudah.

Baca juga  Cara Menggunakan Zoom di Android

1. EasePDF

easepdf

Mengompres file PDF di ponsel Android atau iOS dapat dilakukan dengan mengunjungi situs EasePDF. Ketika kalian harus mengunggah file untuk tugas kuliah atau keperluan lain ke situs tertentu, biasanya situs tersebut akan membatasi ukuran file yang diperbolehkan untuk diunggah.

Langkah ini merupakan tindakan yang bijak, karena jika tidak ada batasan ukuran, maka ada kemungkinan orang iseng akan mengunggah file dalam ukuran puluhan gigabyte, yang dapat merusak tempat penyimpanan server. Oleh karena itu, mengompres file PDF menjadi ukuran yang lebih kecil dapat membantu kalian menyelesaikan tugas dengan mudah dan memenuhi persyaratan ukuran file yang ditetapkan oleh situs tersebut.

Untuk mengompres file PDF menggunakan EasePDF di ponsel Android atau iOS, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs EasePDF di perangkat kalian.
  2. Pilih opsi “Compress PDF” dari menu utama.
  3. Klik tombol “Choose File” dan pilih file PDF yang ingin kalian kompres.
  4. Setelah file terupload, pilih opsi kompresi yang diinginkan dan klik tombol “Compress”.
  5. Tunggu hingga proses kompresi selesai, kemudian unduh file PDF yang sudah di-kompres.

Selain itu, kalian juga dapat menggunakan fitur lain dari EasePDF, seperti mengubah file PDF ke format lain, menambahkan tanda tangan digital, dan lainnya.

2. PDFCompressor

pdfcompressor

Salah satu cara untuk mengompres file PDF secara online adalah dengan menggunakan situs PDFCompressor. Situs ini sangat terkenal dan banyak digunakan karena mampu mengompres file PDF tanpa menurunkan kualitasnya.

Banyak orang yang merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh situs ini, sehingga lalu lintas pengunjungnya cukup tinggi. Jika kalian ingin mencoba mengompres file PDF dengan menggunakan PDFCompressor, kalian dapat mengunjungi situs tersebut dan ikuti langkah-langkah yang disediakan untuk mengompres file PDF kalian.

Untuk mengompres file PDF dengan PDFCompressor, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi situs PDFCompressor
  2. Klik tombol “Select a file” atau “Browse” untuk memilih file PDF yang ingin dikompres dari komputer kalian.
  3. Setelah file PDF terpilih, klik tombol “Start Compressing” untuk memulai proses kompresi.
  4. Tunggu hingga proses kompresi selesai.
  5. Klik tombol “Download” untuk mengunduh file PDF yang telah dikompres.
  6. Selesai.
Baca juga  Cara Ampuh Membuka HP yang Terkunci dengan Mudah

Catatan: Jika kalian ingin mengompres lebih dari satu file PDF sekaligus, kalian dapat menggunakan fitur “Batch Compression” yang tersedia di situs PDFCompressor.

3. Microsoft Word

Microsoft Word

Selain digunakan untuk mengetik atau membuat tulisan, Microsoft Word juga dapat digunakan untuk mengompres file PDF pada PC. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kalian ikuti untuk mengompres file PDF dengan menggunakan Microsoft Word:

  1. Buka Microsoft Word di PC kalian.
  2. Pilih “File” di menu atas, kemudian pilih “Open”.
  3. Pilih file PDF yang ingin dikompres dari komputer kalian.
  4. Setelah file PDF terbuka di Microsoft Word, pilih “File” lagi di menu atas, kemudian pilih “Save As”.
  5. Pilih “PDF” dari daftar “Save as type” di jendela “Save As”.
  6. Klik tombol “Options” di jendela “Save As”.
  7. Pada jendela “PDF Options”, pilih “Minimum size (publishing online)” dari daftar “Optimize for”.
  8. Klik tombol “OK” untuk menutup jendela “PDF Options”.
  9. Klik tombol “Save” di jendela “Save As” untuk menyimpan file PDF yang telah dikompres.
  10. Selesai.

Catatan: Kalian juga dapat mengompres file PDF dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word di platform selain PC, seperti Microsoft Word di Mac atau Microsoft Word di perangkat mobile (smartphone atau tablet).

4. SmallPDF

smallpdf

Salah satu cara untuk mengompres file PDF secara online adalah dengan menggunakan situs SmallPDF. Keuntungan dari menggunakan layanan SmallPDF adalah prosesnya yang cepat, ringan, dan mudah untuk dioperasikan, sehingga dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan kalian serta menghemat waktu.

Selain itu, hasil kompresi yang diberikan juga cukup memuaskan. Jika kalian ingin mencoba mengompres file PDF dengan menggunakan SmallPDF, kalian dapat mengunjungi situs tersebut dan ikuti langkah-langkah yang disediakan untuk mengompres file PDF kalian.

Baca juga  Cara Download Video Facebook Terbaru

Untuk mengompres file PDF secara online menggunakan SmallPDF, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi situs SmallPDF.
  2. Klik tombol “Choose file” atau “Select a file” untuk memilih file PDF yang ingin dikompres dari komputer kalian.
  3. Setelah file PDF terpilih, klik tombol “Compress PDF” untuk memulai proses kompresi.
  4. Tunggu hingga proses kompresi selesai.
  5. Klik tombol “Download” untuk mengunduh file PDF yang telah dikompres.
  6. Selesai.

Catatan: Jika kalian ingin mengompres lebih dari satu file PDF sekaligus, Anda dapat menggunakan fitur “Batch Compression” yang tersedia di situs SmallPDF.

5. ILovePDF

ilovepdf

Cara lain untuk mengompres file PDF secara online adalah dengan menggunakan situs ILovePDF. Situs ini terkenal dengan interface-nya yang ringan dan mudah digunakan, sehingga cocok bagi pengguna awam.

Kelebihan lain dari situs ini adalah sifatnya yang user friendly, sehingga banyak orang yang betah menggunakannya dan sering kembali mengaksesnya ketika membutuhkan layanannya. Jika kalian ingin mencoba mengompres file PDF dengan menggunakan ILovePDF, kalian dapat mengunjungi situs tersebut dan ikuti langkah-langkah yang disediakan untuk mengompres file PDF kalian.

Untuk mengompres file PDF secara online menggunakan ILovePDF, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi situs ILovePDF
  2. Klik tombol “Select PDF file” atau “Browse” untuk memilih file PDF yang ingin dikompres dari komputer kalian.
  3. Setelah file PDF terpilih, klik tombol “Compress” untuk memulai proses kompresi.
  4. Tunggu hingga proses kompresi selesai.
  5. Klik tombol “Download” untuk mengunduh file PDF yang telah dikompres.
  6. Selesai.

Akhir kata

Demikianlah, artikel tentang cara mengompres file PDF menjadi ukuran yang lebih kecil dengan berbagai cara yang mudah untuk dipraktekan. Selain memudahkan kalian, file PDF dengan ukuran yang lebih kecil juga akan menghemat tempat penyimpanan pada perangkat kalian, baik itu ponsel maupun laptop. Dengan demikian, orang yang menerima file PDF tersebut juga akan merasa terbantu dan berterima kasih. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian.