Mudah Begini Cara Mengaktifkan Hotspot di iPhone

Gotop.id – Hotspot menjadi pilihan konektivitas yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone setelah WiFi, termasuk iPhone. Oleh karena itu, sangat penting bagi kalian yang baru beralih dari Android ke lingkungan Apple untuk mengetahui cara menyalakan hotspot di iPhone.

Ternyata mudah untuk menyalakan hotspot di smartphone. Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna smartphone, termasuk bagi pengguna iPhone. Selain mengetahui cara mengaktifkan hotspot di iPhone, akan lebih baik jika kalian juga bisa melakukan troubleshooting atau memperbaiki masalah yang terjadi pada hotspot.

Hal ini penting karena mungkin saja kalian membutuhkan hotspot di saat darurat dan tidak ingin terganggu oleh error. Akibatnya, kalian kesulitan membagikan jaringan ke perangkat lain atau melakukan tethering Wi-Fi.

Jadi, bagi kalian yang baru saja memiliki iPhone atau baru beralih dari Android ke iPhone, bacalah artikel ini dengan seksama karena di sini kami akan memberikan panduan tentang cara mengaktifkan hotspot di iPhone serta cara mengatasi masalah yang muncul. Kerusakan pada iPhone bukan penyebab masalah ini, tetapi hanya memerlukan konfigurasi jaringan tambahan untuk dapat menggunakan hotspot pada versi iOS terbaru.

Cara Menyalakan Hotspot di iPhone

Cara Menyalakan Hotspot di iPhone

Mengaktifkan hotspot di iPhone cukup mudah. Setiap merek smartphone pastinya menyediakan banyak cara untuk mengaktifkan hotspot ini. Tujuannya adalah agar pengguna dapat dengan mudah mengaktifkan hotspot dari manapun dan sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu pengguna tidak dapat menggunakan salah satu cara karena berbagai alasan.

1. Menggunakan Universal Serial Bus (USB)

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghubungkan hotspot ke perangkat lain adalah dengan menggunakan konektivitas USB. Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa hotspot, yang biasanya merupakan jaringan tanpa kabel, dapat dihubungkan menggunakan kabel.

Mengapa harus menggunakan kabel? Bukankah jaringan nirkabel lebih unggul? Memang benar, jaringan hotspot tanpa kabel memiliki banyak kelebihan dan lebih mudah digunakan. Namun, metode tersebut masih memiliki kekurangan seperti jaringan yang kadang-kadang tidak stabil.

Menggunakan kabel USB dapat membuat internet yang diterima oleh gadget lain lebih stabil. Selain itu, konektivitas menggunakan kabel USB ini juga dapat menjadi opsi ketika sewaktu-waktu jaringan hotspot nirkabel mengalami masalah dan tidak dapat tersambung.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghubungkan hotspot ke perangkat lain menggunakan kabel USB:

  • Siapkan kabel USB dan sambungkan ke iPhone kalian.
  • Sambungkan sisi kabel USB yang lain ke perangkat yang akan menerima hotspot.
  • Setelah tersambung, langkah selanjutnya masuk ke menu Pengaturan.
  • Klik menu Hotspot Pribadi.
  • Masuk ke opsi Izinkan Akses.
  • Di sini terdapat beberapa pilihan metode yang dapat dipilih. Jika USB sudah terpasang, kalian dapat memilih metode sharing menggunakan USB.
  • Selesai, kalian dapat memeriksa di perangkat lain apakah sudah tersambung atau belum

Walaupun dapat dijadikan sebagai opsi lain, cara mengaktifkan hotspot di iPhone melalui Bluetooth memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan tersebut adalah jumlah perangkat yang dapat terhubung ke hotspot terbatas hanya satu perangkat saja.

Baca juga  Cara Menambah, Menghapus, dan Mengelola Aplikasi di Samsung Smart TV

Selain itu, penggunaan kabel USB berkualitas rendah dapat menyebabkan konektivitas mudah terputus, sehingga mengganggu koneksi internet yang sedang digunakan. Untuk menghindari masalah tersebut, sebaiknya menggunakan kabel USB berkualitas tinggi agar koneksi internet dapat berjalan dengan lancar

2. Lewat Pengaturan Jaringan

Cara kedua untuk mengaktifkan hotspot di iPhone adalah dengan mengakses pengaturan jaringan. Meskipun demikian, cara ini mungkin sedikit lebih rumit dibandingkan dengan Android, karena di iPhone tidak ada opsi seperti di Android yang dapat langsung mengaktifkan hotspot dari bilah notifikasi.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan hotspot di iPhone melalui pengaturan jaringan:

  • Buka Pengaturan di iPhone kalian.
  • Pilih opsi Seluler atau Jaringan Seluler.
  • Aktifkan tombol Hotspot Pribadi.
  • Masuk ke menu Hotspot Pribadi untuk mengatur pengaturan hotspot, seperti nama jaringan dan sandi yang akan digunakan oleh perangkat lain yang terhubung ke hotspot.
  • Selesai.

3. Mengaktifkan Hotspot Iphone Menggunakan Bluetooth

Selain dapat diaktifkan melalui pengaturan jaringan, hotspot di iPhone juga dapat dibagikan melalui jaringan Bluetooth. Sayangnya, tidak banyak pengguna iPhone yang mengetahui cara ini, sehingga seringkali terjadi kebingungan ketika mencoba mengaktifkan hotspot di iPhone dengan cara yang biasa digunakan. Namun, dengan mengetahui cara ini, pengguna iPhone dapat dengan mudah membagikan koneksi internet ke perangkat lain melalui Bluetooth.

Untuk mengaktifkan hotspot di iPhone dengan menggunakan Bluetooth, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Pengaturan di iPhone kalian.
  • Pilih opsi Bluetooth.
  • Aktifkan tombol Bluetooth.
  • Pada perangkat lain yang akan terhubung ke hotspot iPhone, aktifkan juga Bluetooth.
  • Pada perangkat lain tersebut, cari dan pilih nama iPhone kalian di daftar perangkat yang tersedia.
  • Setelah terhubung, aktifkan hotspot pada iPhone kalian dengan cara yang telah disebutkan sebelumnya.
  • Selesai.

Perlu diingat bahwa kalian harus terlebih dahulu mengaktifkan hotspot pribadi di iPhone sebelum dapat terhubung ke perangkat lain melalui Bluetooth. Kalian juga harus memastikan bahwa perangkat lain yang akan terhubung ke hotspot telah terkoneksi dengan iPhone kalian melalui Bluetooth.

Cara mengatasi masalah yang sering muncul pada hotspot Iphone

masalah yang sering muncul pada hotspot Iphone

Hotspot yang mengalami masalah tentu saja tidak diinginkan. Namun, apabila hal ini terjadi, kalian perlu mengatasinya agar dapat terus mengakses internet. Di smartphone, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi hotspot yang mengalami masalah.

Kadang-kadang, hotspot di iPhone dapat hilang atau tidak berfungsi. Biasanya, saat hotspot hilang, muncul perintah untuk menghubungi carrier saat mencoba mengaktifkan hotspot. Namun, masalah ini dapat dengan mudah diatasi. Meskipun hilang atau tidak dapat berfungsi, Anda tidak perlu khawatir karena fitur tersebut dapat dengan mudah dikembalikan.

1. Restart Jaringan melalui Airplane Mode

Sebenarnya, kalian tidak perlu melakukan restart keseluruhan iPhone untuk mereset jaringan. Namun, jika cara mengaktifkan hotspot di iPhone tidak bekerja, kalian dapat mencoba mengatasinya dengan mereset jaringan saja.

Reset jaringan sangat mudah dilakukan, yaitu dengan mengaktifkan dan mematikan kembali Airplane Mode atau Mode Pesawat. Dengan cara ini, jaringan akan di-refresh kembali, sehingga masalah yang mungkin terjadi sebelumnya dapat terselesaikan. Namun, perlu diingat bahwa cara ini hanya dapat digunakan untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh permasalahan software ringan. Meskipun demikian, cara ini juga dapat membantu menyegarkan sistem secara keseluruhan.

Baca juga  Terbaru Cara Cek Poin Telkomsel dan Menukarkannya Lewat SMS

2. Mereset Pengaturan Jaringan

Melakukan reset pengaturan jaringan akan mengembalikan semua pengaturan jaringan yang telah diubah ke pengaturan default saat kalian pertama kali membeli iPhone. Dengan cara ini, kalian dapat yakin bahwa tidak ada pengaturan yang salah yang menyebabkan error pada hotspot di iPhone kalian.

Namun, perlu diingat bahwa melakukan reset pengaturan jaringan akan menghapus semua pengaturan jaringan yang telah kalian buat, seperti koneksi WiFi, VPN, dan sebagainya. Jadi sebelum melakukan reset pengaturan jaringan, pastikan untuk mencatat semua pengaturan yang telah Anda buat agar kalian dapat mengatur kembali setelah melakukan reset.

Error pada hotspot di iPhone juga dapat disebabkan oleh pengaturan yang telah diubah oleh pengguna. Jika kalian juga pernah melakukan ini, maka kemungkinan ada setting penting yang telah diubah sehingga cara mengaktifkan hotspot di iPhone tidak dapat bekerja lagi. Mencari tahu letak masalahnya dapat menjadi sulit karena setiap orang mungkin melakukan perubahan pengaturan jaringan yang berbeda.

Untuk mengatasi masalah ini, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan reset pengaturan jaringan. Dengan cara ini, semua pengaturan jaringan akan kembali ke pengaturan default, sehingga kalian dapat memastikan bahwa tidak ada pengaturan yang salah yang menyebabkan error pada hotspot di iPhone kalian.

Selain itu, kalian juga dapat mencoba mengikuti langkah-langkah di atas untuk mengaktifkan hotspot di iPhone kalian kembali. Namun, jika masalah terus terjadi meskipun telah melakukan reset pengaturan jaringan dan mengikuti langkah-langkah di atas, maka sebaiknya kalian menghubungi carrier atau operator seluler untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Untuk mereset pengaturan jaringan di iPhone, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka Aplikasi Pengaturan di iPhone kalian.
  • Ketuk “General
  • Scroll down dan ketuk “Reset
  • Pilih “Reset Network Settings” dari daftar opsi yang tersedia.
  • Kalian akan diminta untuk memasukkan kode sandi kalian untuk melanjutkan. Masukkan kode sandi kalian dan ketuk “Reset Network Settings” untuk melanjutkan.
  • iPhone kalian akan mereset pengaturan jaringan dan akan restart secara otomatis. Setelah restart, semua pengaturan jaringan yang sebelumnya telah kalian atur akan dikembalikan ke pengaturan default.

3. Restart Perangkat iPhone

Jika kalian telah mencoba beberapa cara untuk mengaktifkan hotspot di iPhone, tapi ternyata hotspot masih tidak dapat terdeteksi di perangkat lain, kalian dapat mencoba memperbaikinya dengan merestart iPhone yang sedang digunakan.

Cara ini dilakukan karena kemungkinan ada sesuatu yang menghalangi proses pengaktifan hotspot, sehingga hotspot tidak dapat terdeteksi oleh perangkat lain. Jangan khawatir, karena masalah seperti ini biasanya disebabkan oleh masalah software yang dapat dengan mudah diatasi dengan cara merestart iPhone.

Setelah merestart, iPhone akan sepenuhnya direfresh dari sisi software, sehingga masalah yang mungkin telah menghalangi pengaktifan hotspot mungkin dapat diatasi. Namun, jika masalah tersebut tidak teratasi dengan cara ini, kalian mungkin perlu mencoba solusi lain.

4.Update iOS

Langkah selanjutnya yang dapat kalian lakukan adalah melakukan pembaruan sistem operasi iOS pada perangkat kalian. Ini akan memperbarui driver dan menyesuaikan hardware dengan software sistem operasi yang terbaru. Penyebab hotspot tidak dapat tersambung mungkin disebabkan oleh versi sistem operasi iOS yang sudah terlalu lama, atau mungkin Apple telah merilis versi iOS terbaru untuk perangkat kalian dan kalian belum melakukan pembaruan ke versi tersebut.

Baca juga  Cara Sadap WhatsApp Pasangan Jarak Jauh Paling Jitu

Tidak hanya dapat menyelesaikan masalah hotspot yang tidak dapat tersambung, pembaruan iOS juga dapat menyelesaikan masalah lain pada iPhone kalian. kalian juga dapat mendapatkan fitur baru dan layanan keamanan yang ditingkatkan. Jadi, tidak ada salahnya mencoba memperbarui iOS ketika mengalami masalah dengan hotspot.

Untuk memperbarui sistem operasi iOS di iPhone, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka Aplikasi Pengaturan di iPhone kalian.
  • Ketuk “General
  • Scroll down dan ketuk “Software Update
  • Jika ada pembaruan yang tersedia, kalian akan melihat notifikasi yang menyatakan bahwa pembaruan telah tersedia. Ketuk “Download and Install” untuk memulai proses pembaruan.
  • Kalian akan diminta untuk memasukkan kode sandi kalian untuk melanjutkan. Masukkan kode sandi kalian dan ketuk “Continue” untuk melanjutkan.
  • iPhone kalian akan mengunduh pembaruan dan akan restart secara otomatis untuk menginstal pembaruan tersebut.
  • Setelah restart, sistem operasi iOS pada perangkat kalian akan diperbarui ke versi terbaru.

5. Mengatur APN

Cara lain yang dapat kalian gunakan untuk memperbaiki masalah saat mengaktifkan hotspot di iPhone adalah dengan mengatur APN (Access Point Name). Cara ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah dimana hotspot dapat diaktifkan, tetapi tidak ada koneksi internet di dalamnya.

Ini juga dapat terjadi pada iPhone itu sendiri, dimana smartphone tidak dapat terhubung ke internet meskipun paket data masih tersedia. Hal ini mungkin disebabkan oleh setting APN yang tidak tepat.

Untuk mengatasi masalah ini, kalian dapat mengatur ulang APN dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pastikan hotspot pada iPhone sudah muncul dengan masuk ke menu Pengaturan.
  • Pilih opsi Seluler untuk mengakses jaringan seluler.
  • Scroll ke bawah dan pilih opsi Jaringan Data Seluler.
  • Selanjutnya, form akan muncul untuk mengisi APN operator seluler.
  • Di sini, isi bagian Data Seluler, Pengaturan LTE, dan Hotspot Pribadi dengan teks “internet”.
  • Kalian dapat mengosongkan bagian Nama Pengguna dan Kata Sandi karena data tersebut opsional.
  • Setelah semua form terisi, kembali atau keluar dari Pengaturan.
  • Tunggu beberapa saat hingga hotspot pribadi muncul dan dapat diaktifkan.
  • Ketika hotspot sudah muncul, aktifkan hotspot tersebut dan coba deteksi menggunakan perangkat lain.

6. Menservice iPhone

Jika kalian sudah mencoba semua solusi yang tersedia tapi hotspot masih tidak berfungsi dengan baik, maka solusi terakhir yang dapat kalian lakukan adalah membawa iPhone ke tempat servis HP terdekat atau ke gerai resmi iPhone untuk memperbaiki perangkat.

Ini karena jika semua cara yang telah dicoba tidak dapat menyelesaikan masalah, kemungkinan besar terdapat masalah hardware yang tidak dapat diatasi oleh pengguna iPhone sendiri. Semoga cara mengaktifkan hotspot di iPhone dan cara troubleshooting yang telah disajikan bermanfaat dan dapat membantu kalian mengatasi masalah hotspot iPhone kalian di waktu yang tidak diinginkan.

Akhir Kata

Setelah diaktifkan, kalian dapat berbagi koneksi internet dengan perangkat lain. Semoga artikel yang mengulas Cara Mengaktifkan Hotspot di iPhone ini bisa bermanfaat buat kalian.