Cara Mengatur Android Baru Dari Ponsel Lama

Gotop.id – Artikel ini menjelaskan cara menyiapkan ponsel Android baru dari ponsel lama. Instruksi pengaturan ini berlaku untuk semua perangkat Android seperti merk dari (Google, Samsung, dll.).

Cara Setting Hp Android Baru Dari Hp Lama

Anda dapat menyiapkan ponsel Android baru dari awal dan memulai dari awal jika diinginkan, tetapi proses penyiapan Android juga memungkinkan Anda menyalin data dari ponsel lama. Jika ponsel lama Anda juga Android, Anda dapat memulihkan aplikasi, setelan, dan data lainnya langsung dari ponsel tersebut atau melalui cadangan cloud.

Jika Anda berasal dari iPhone, Anda dapat memasang aplikasi untuk mentransfer data dari iPhone ke ponsel Android baru.

Sebagian besar langkah untuk menyiapkan ponsel Android baru sama terlepas dari jenis ponsel Anda berasal, tetapi prosesnya berbeda ketika mentransfer data dan pengaturan dari perangkat lama Anda.

Cara Mengatur Android Baru Dari Ponsel Lama

Cara merestore Dari Ponsel Android

Jika saat ini Anda memiliki ponsel Android dan dalam kondisi berfungsi, Anda dapat menggunakannya untuk menyiapkan ponsel baru. Pastikan ponsel terisi daya atau tersambung ke daya, lalu sambungkan ke jaringan Wi-Fi lokal Anda.

Berikut cara mengatur ponsel Android baru dari yang lama:

1. Tekan tombol daya di Android baru Anda untuk menyalakannya. Ponsel akan boot, dan Anda akan disambut dengan layar selamat datang.

Di layar selamat datang, pilih bahasa Anda dan ketuk Mulai untuk melanjutkan. Anda kemudian dapat mengikuti petunjuk di layar untuk memasang kartu SIM Anda dan mengatur Wi-Fi.

2. Saat wizard pengaturan menanyakan apakah Anda ingin menyalin aplikasi dan data, ketuk Berikutnya. Ini kemudian akan memberi Anda daftar opsi.

Pilih cadangan dari ponsel Android untuk menyalin data dan pengaturan dari Android lama Anda ke yang baru.

3. Pada titik ini, Anda harus mengambil ponsel Android lama Anda dan menyalakannya jika belum dinyalakan. Itu juga harus terhubung ke jaringan yang sama dengan telepon baru Anda.

Untuk mulai mentransfer data, buka aplikasi Google, dan ucapkan, “OK Google, siapkan perangkat saya”, atau ketik siapkan perangkat saya di kotak telusur.

Ponsel lama Anda akan menemukan ponsel baru Anda. Verifikasi bahwa ia telah menemukan telepon yang tepat, lalu pilih data dan pengaturan mana yang ingin Anda transfer.

Baca juga  Tutorial Menyimpan Foto Instagram dengan Mudah Tanpa Aplikasi

4. Di ponsel baru, Anda harus masuk ke akun Google, mengonfirmasi metode layar kunci yang digunakan dengan ponsel lama, dan ketuk Pulihkan untuk memulai proses transfer data.

5. Setelah ponsel baru Anda disiapkan dengan data dari ponsel lama, Anda dapat mengikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses penyiapan.

Anda akan disajikan daftar layanan Google yang dapat Anda aktifkan atau nonaktifkan. Ponsel Anda akan berfungsi apakah Anda mengaktifkannya atau tidak, tetapi beberapa fitur tidak akan berfungsi jika dinonaktifkan.

Setelah itu, Anda akan memiliki kesempatan untuk menyetel metode kunci layar baru untuk ponsel Anda dan memilih apakah akan menggunakan fitur pencocokan suara Asisten Google atau tidak.

6. Saat Anda mencapai langkah yang menanyakan apakah ada hal lain dan memberi Anda daftar opsi, Anda selesai. Anda dapat memilih salah satu item opsional jika Anda suka, atau ketuk Tidak, terima kasih untuk menyelesaikan proses penyiapan.

Cara Mengatur Ponsel Android Baru Dari iPhone

Jika Anda beralih dari iOS ke Android, Anda juga dapat mencadangkan data tertentu dari iPhone lama ke ponsel Android baru. Anda akan memiliki kesempatan untuk membawa kontak, pesan, foto, dan bahkan beberapa aplikasi yang tersedia di kedua platform.

Catatan: Sebelum Anda mengeluarkan kartu SIM dari iPhone, Anda perlu menonaktifkan iMessage. Buka Pengaturan, ketuk Pesan, dan matikan iMessage. Anda juga perlu memulai ulang pesan grup apa pun yang saat ini Anda aktifkan setelah beralih ke Android.

Berikut cara menyiapkan Android baru dari iPhone:

1. Sebelum Anda memulai, periksa untuk melihat versi Android apa yang berjalan di ponsel baru Anda.

Jika ponsel menggunakan Android 12 atau lebih baru, Anda harus memiliki kabel Lightning ke USB-C untuk menyelesaikan proses penyiapan.

Jika ponsel menjalankan Android 11 atau lebih lama, unduh dan instal Google One di iPhone Anda, lalu masuk dengan akun Google Anda.

Unduh Google One dari App Store

2. Tekan tombol daya di ponsel Android baru Anda untuk menyalakannya. Ponsel akan boot dan menampilkan layar selamat datang. Pilih bahasa Anda, dan ketuk Mulai untuk melanjutkan.

Ikuti petunjuk di layar untuk memasukkan kartu SIM Anda dan menghubungkan ponsel ke Wi-Fi. Jika Anda memiliki Android 11 atau lebih lama, ponsel harus terhubung ke data seluler atau Wi-Fi untuk menyelesaikan prosedur transfer.

Saat wizard pengaturan menanyakan apakah Anda ingin menyalin aplikasi dan data, ketuk Berikutnya untuk melanjutkan.

3. Layar berikutnya akan menanyakan dari mana Anda ingin membawa data Anda, dan itu akan memberi Anda tiga opsi. Ketuk perangkat iPhone untuk melanjutkan.

Baca juga  Terbaru Cara Cek Poin Telkomsel dan Menukarkannya Lewat SMS

4. Jika ponsel baru Anda menjalankan Android 11 atau lebih lama, ambil iPhone Anda dan buka aplikasi Android One. Ketuk Siapkan pencadangan data, lalu pilih item yang ingin Anda transfer. Google One kemudian akan mengupload data Anda ke cadangan cloud.

Jika ponsel baru Anda memiliki Android 12 atau yang lebih baru, sambungkan ke iPhone Anda dengan kabel Lighting to USB-C saat diminta, lalu ketuk Berikutnya. Anda kemudian memiliki kesempatan untuk memilih aplikasi dan data yang ingin Anda transfer.

5. Setelah data selesai ditransfer, Anda akan memiliki beberapa langkah lagi untuk diselesaikan sebelum ponsel siap digunakan.

Pertama, Anda akan diberikan daftar layanan Google yang dapat Anda aktifkan atau nonaktifkan. Telepon akan berfungsi apakah sedang hidup atau mati, tetapi mematikan pengaturan tertentu seperti layanan lokasi akan mencegah beberapa aplikasi bekerja dengan benar.

Anda juga harus menyiapkan kunci layar baru untuk mengamankan ponsel Anda, lalu memilih apakah akan mengaktifkan pencocokan suara Asisten Google atau tidak.

Saat Anda mencapai layar yang menanyakan apakah ada hal lain, prosedur penyiapan selesai. Ketuk Tidak, terima kasih, dan wizard penyiapan akan menyelesaikan prosedur.

Cara Mengatur Ponsel Android Baru Dari Cadangan

Jika Anda telah mencadangkan ponsel lama ke cloud, Anda dapat menyiapkan ponsel baru tanpa menyambungkannya ke ponsel lama sama sekali.

1. Cadangkan Android Anda jika ponsel lama Anda tersedia dan Anda belum melakukannya baru-baru ini. Langkah ini diperlukan untuk mengatur telepon baru Anda dengan data dan pengaturan Anda saat ini. Jika tidak, Anda harus menggunakan cadangan lama, atau tidak ada cadangan yang tersedia.

2. Tekan tombol daya di ponsel baru Anda untuk menyalakannya. Anda akan disajikan dengan layar selamat datang setelah ponsel selesai melakukan booting.

Saat layar selamat datang muncul, pilih bahasa Anda dan ketuk Mulai. Anda kemudian harus memasukkan kartu SIM Anda dan terhubung ke jaringan Wi-Fi sebelum Anda dapat mulai mengatur telepon baru dari yang lama.

3. Karena Anda ingin menyiapkan Android baru dari ponsel lama, ketuk Berikutnya saat ditanya apakah Anda ingin menyalin aplikasi & data dari ponsel lama.

Layar berikutnya akan memiliki tiga opsi. Pilih cadangan dari cloud untuk melanjutkan.

4. Layar selanjutnya akan meminta Anda untuk masuk ke akun Google Anda. Sangat penting untuk menggunakan akun Google yang sama dengan yang Anda gunakan dengan ponsel Anda karena jika tidak, Anda tidak akan dapat mengakses data yang dicadangkan.

Jika Anda memiliki autentikasi dua faktor yang diatur di akun Google Anda, Anda juga harus memasukkannya saat ini.

Setelah masuk ke akun, Anda perlu mengetuk Saya setuju untuk melanjutkan.

Baca juga  Begini Cara Menghapus Cache di Android

5. Layar berikutnya akan memberi Anda daftar cadangan yang tersedia. Jika Anda mencadangkan ponsel lama Anda seperti yang diinstruksikan pada langkah pertama, itu akan muncul di bagian atas daftar.

Setelah memilih cadangan, Anda harus mengonfirmasi metode kunci layar yang Anda gunakan dengan ponsel lama. Itu berarti Anda harus menyentuh sensor sidik jari, memasukkan PIN, menggambar pola, atau mengangkat telepon untuk pengenalan wajah, tergantung metode Anda.

6. Layar berikutnya memungkinkan Anda memilih data mana yang akan dipulihkan dari cadangan Anda. Opsi mencakup aplikasi yang diunduh, kontak, pesan SMS, pengaturan perangkat, dan riwayat panggilan. Anda dapat memulihkan semuanya, tidak ada, atau hal spesifik yang Anda inginkan.

Pastikan ada tanda centang di sebelah item yang ingin Anda pulihkan sebelum mengetuk Pulihkan.

7. Pemulihan data akan memakan waktu mulai dari beberapa saat hingga beberapa menit, jadi jika Anda memiliki banyak aplikasi, aplikasi tersebut akan memakan waktu lama untuk diunduh. Itu tidak akan menghentikan Anda dari menyelesaikan proses penyiapan.

Setelah ponsel Anda selesai memulihkan cadangan, Anda dapat mengikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses penyiapan. Anda harus ikut serta atau keluar dari Layanan Google yang ingin Anda gunakan, menyiapkan metode buka kunci layar, dan memilih apakah akan menggunakan fitur pencocokan suara Asisten Google atau tidak.

Saat wisaya penyiapan menanyakan apakah ada hal lain, dan memberi Anda daftar opsi, Anda dapat mengetuk Tidak, terima kasih untuk menyelesaikan penyiapan.

Apakah Anda Membutuhkan Akun Google untuk Menyiapkan Android Baru Dari Ponsel Lama?

Jika Anda ingin menyiapkan ponsel Android baru dari ponsel lama, baik ponsel lama itu Android atau iPhone, Anda memerlukan akun Google. Jika Anda berasal dari ponsel Android lama, Anda harus masuk ke akun Google yang sama di kedua ponsel, dan ponsel baru Anda hanya akan dapat menemukan cadangan cloud Anda jika diunggah dari ponsel yang menggunakan Google yang sama Akun. Jika beralih dari iOS ke Android, Anda juga perlu masuk ke Google One di iPhone menggunakan akun Google yang sama dengan yang Anda gunakan dengan ponsel baru.

Apakah Anda Harus Menggunakan Gmail di Android?

Meskipun Anda harus masuk ke ponsel Android menggunakan akun Google, Anda bebas menggunakan akun email dari layanan lain mana pun. Anda dapat menambahkan akun email ke ponsel setelah proses penyiapan selesai, dan Anda akan dapat mengaksesnya melalui aplikasi Gmail yang disertakan. Ada juga berbagai aplikasi email bagus lainnya di Google Play Store jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi Gmail.