Cara Menggunakan Samsung Odin Terbaru

Gotop.id – Pada artikel ini anda dapat mendownload Samsung Odin Flash Tool untuk komputer windows. Disini anda dapat menemukan versi terbaru Odin dan versi sebelumnya. Selain itu, saya akan memberikan caranya bagaimana menggunakan Odin ini untuk menginstall firmware bawaan pada perangkat Samsung Galaxy anda.

Apa itu Odin?

Odin bisa disebut Odin3 atau Odin Flash Tool adalah perangkat lunak flashing firmware resmi dari Samsung untuk perangkat Galaxy dalam mode download. Dapat digunakan untuk menginstall firmware stok resmi untuk menginstall pembaruan perangkat lunak secara manual atau untuk membuka kunci perangkat. Perangkat lunak Odin umumnya digunakan oleh Samsung secara internal, di pusat layanan resmi dan di pabrik untuk menginstall dan menguji perangkat lunak.

Akan tetapi, hal ini bocor ke publik melalui XDA-Developer dan sekarang tersedia secara bebas untuk pengguna akhir. Odin mendukung flasing binari firmware dalam format .tar dan .tar.md5 dan dapat digunakan di komputer Windows 11, Windows 10, Windows 8/8.1, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP.

Download Odin Samsung

Cara Menggunakan Samsung Odin Terbaru

Di bawah ini, Anda akan menemukan tautan unduhan untuk semua versi Odin Samsung Flash Tool termasuk versi terbaru dan beberapa versi tambahan. Versi Odin mana yang harus saya Download? Dalam beberapa kasus, disarankan untuk menggunakan versi terbaru Odin untuk Android 11 (One UI 3.1) dan Android 10 (One UI 2.5) pada perangkat Samsung Galaxy terbaru seperti Galaxy S22, Galaxy Note 20, Galaxy Z Flip, Galaxy Tab S8, Galaxy Tab S6 Lite, Galaxy Fold, dll.

Informasi penting tentang Odin v3.14.4

Baru-baru ini, versi baru yang disebut perangkat lunak Samsung Odin v3.14.4 telah dirilis di Internet.

Download Odin v3.14.4 terbaru
Nama: Odin 3.14.4
Versi: v3.14.4
Pengembang: Samsung Electronics Co.
OS yang didukung: Microsoft Windows
Ukuran file: 4 MB Unduh
Link: Odin3_v3.14.4.zip (Terbaru)

Baca juga  Ini dia Smartphone Terbaik 2023

Download semua versi Samsung Odin sebelumnya

Odin v3.14.1 Galaxy S22, Note 20
Odin v3.13.3 Galaxy S10, S20, Note 10, and Note 20
Odin v3.13.1 Android 9 Pie
Odin v3.12.10
Odin v3.12.7
Odin v3.12.5 Android 7.0/7.1 Nougat firmware
Odin v3.12.4.4
Odin v3.12.3
Odin v3.11.2
Odin v3.11.1 Android 6.0 Marshmallows

Penggunaan umum Samsung Odin

Odin dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Bagi pengguna smartphone dan tablet Samsung Galaxy, Odin dapat digunakan untuk:

  1. Memperbarui secara paksa dengan mem-flash firmware stok terbaru.
  2. Instal biner kustom seperti pemulihan kustom (TWRP atau ClockWorkMod; untuk perangkat yang lebih lama) atau root binari seperti gambar firmware Magisk yang ditambal/CF-AutoRoot untuk melakukan root pada smartphone dan tablet Samsung.
  3. Mengembalikan ke firmware/ROM stok jika pengguna sebelumnya telah mem-flash biner kustom dan ingin kembali ke firmware bawaan pabrik.
  4. Memperbaiki potensi masalah perangkat lunak seperti loop boot , peningkatan pengurasan baterai, penurunan kinerja yang disebabkan oleh cuaca, dan banyak lagi.
  5. Menurunkan perangkat lunak perangkat Samsung Galaxy Anda ke versi yang lebih lama. Namun, ini terbatas dalam kasus yang jarang terjadi, karena tidak mungkin untuk menurunkan versi ke versi perangkat lunak dengan revisi bootloader yang lebih lama daripada yang diinstal saat ini.

Kesimpulannya, Samsung Odin berguna untuk yang ingin menyesuaikan Firmware perangkat Samsung Galaxy anda.

Bagaimana cara menggunakan Samsung Odin?

Samsung Odin adalah perangkat lunak Windows yang sangat mudah digunakan dan sebagian besar opsi/bagian GUI-nya cukup jelas. Namun, bagi anda yang baru mengenal software ini, mungkin akan sedikit membingungkan pada awalnya. Tapi tenang saja di bawah ini saya telah menjelaskan semua opsi yang tersedia di GUI Odin, bersama dengan penjelasan singkat untuk masing-masing opsi.

  • Status box: Terletak di bagian atas GUI Odin. Kotak status menampilkan status saat ini dari operasi yang dilakukan oleh program. Misalnya, itu akan menunjukkan status “Ditambahkan!!!” ketika perangkat Samsung yang didukung terhubung, “Pass!!!” ketika proses flashing selesai dengan sukses, atau “Fail!!!” ketika instalasi firmware gagal.
  • Progress Bar: Menu yang terletak tepat di bawah panel status dan menampilkan progres real-time ketika flashing firmware.
  • Pit (Tab): Unggah file Tabel Informasi Partisi (.pit) khusus perangkat dan flash ke ponsel/tablet Android Samsung Anda untuk memperbaiki memori perangkat (eMMC).
  • ID:COM: Entri ini menunjukkan port serial COM komputer yang terhubung dengan perangkat Android Samsung.
  • BL (tombol): Memungkinkan Anda untuk memuat dan mem-flash firmware biner bootloader (file BL).
  • AP (tombol): Memungkinkan Anda memuat dan mem-flash biner firmware proses aplikasi (file AP), yang merupakan file firmware utama yang menyimpan sistem/OS. Juga dikenal sebagai “PDA” di versi Odin yang lebih lama.
  • CP (tombol): Memungkinkan Anda memuat dan mem-flash firmware biner Proses Inti (file CP) atau modem/radio. Juga dikenal sebagai “Telepon” di versi Odin yang lebih lama.
  • CSC (tombol): Memungkinkan Anda memuat dan mem-flash file CSC (Penyesuaian Perangkat Lunak Konsumen) untuk wilayah/operator telepon. Juga dikenal sebagai “Kode Khusus Negara”.
  • USERDATA (tombol): Memungkinkan Anda memuat dan mem-flash partisi data pengguna (/data) telepon. Juga dikenal sebagai “UMS” di versi Odin yang lebih lama.
  • Log (Tab): Bagian log dari antarmuka program menampilkan informasi mentah dari setiap peristiwa yang terjadi saat menggunakan Odin.
Baca juga  Cara Setting APN Indosat 4G Plus Tercepat Terbaru

Opsi (tab):

  • Auto Reboot (Checkbox): Opsi ini memungkinkan Anda untuk me-reboot perangkat segera setelah proses firmware flashing selesai.
  • Nand Erase (Checkbox): Opsi ini sepenuhnya menghapus semua partisi logis perangkat. Terkadang menyeka Nand dapat membantu untuk memperbaiki partisi firmware perangkat yang rusak, seperti EFS (untuk kehilangan IMEI), dll.
  • Re-Partition (Checkbox): Opsi ini (bersama dengan biner PIT yang didukung) memungkinkan Anda mem-flash ulang tabel partisi ponsel. Ini berguna untuk memperbaiki memori yang rusak (eMMC atau UFS) karena flash firmware yang buruk.
  • F. Reset Time (Checkbox): Opsi ini mengatur ulang waktu flash setelah proses flash firmware selesai.
  • DeviceInfo (Checkbox): Periksa informasi perangkat yang sesuai saat mem-flash kernel.
  • Flash Lock (Checkbox): Opsi ini memberi tahu perangkat lunak Odin untuk membuka kunci “ODIN Flash” perangkat agar dapat “diprogram”. Fitur ini hanya digunakan oleh beberapa perangkat dan tidak boleh digunakan kecuali diinstruksikan untuk melakukannya.

Cara Instal Firmware di Samsung Galaxy dengan Odin:

Odin adalah perangkat lunak portabel, yang artinya Anda dapat menjalankannya hanya dengan meluncurkan file yang dapat dieksekusi yang disertakan di PC Anda tanpa instalasi apa pun.

  1. Untuk menjalankan perangkat lunak flashing di komputer Windows Anda, unduh alat Samsung Odin dari tautan di atas.
  2. Kemudian ekstrak file ZIP yang diunduh ke lokasi yang sesuai di komputer Anda.
  3. Kemudian, buka folder yang diekstraksi dan cukup klik dua kali file eksekusi Odin (mis. Odin3 v3.14.4.exe) untuk meluncurkan alat Samsung Odin di PC Anda. Catatan: Jika Anda mencoba meluncurkan Odin versi lama, Anda juga akan diminta untuk mengizinkan “Kontrol Akun Pengguna”.
  4. Selesai! Setelah Odin Samsung dijalankan, Anda bisa mendapatkan salinan firmware untuk perangkat Anda menggunakan Frija atau Samloader. Panduan langkah demi langkah di atas telah menunjukkan kepada Anda cara mem-flash firmware ke perangkat Samsung Galaxy apa pun menggunakan alat Odin.
Baca juga  Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan di Android

Kesimpulan

Sampai disini, Anda telah berhasil mengunduh Samsung Odin Flash Tool dan mempelajari tentang kasus penggunaan yang paling umum, terminologi, dan juga cara menggunakannya untuk menginstal firmware. Alat ini memainkan peran penting dalam mengelola perangkat lunak perangkat Samsung Galaxy. Jika Anda adalah pengguna biasa, Anda dapat menggunakan Odin untuk mem-flash firmware dan memperbarui perangkat lunak secara manual. Sebaliknya, jika Anda adalah penggila yang suka mengutak-atik perangkat lunak, Odin dapat digunakan untuk menginstal pemulihan TWRP dan mendapatkan akses root.

Dalam hal ini, ini juga Odin ini dapat diandalkan jika Anda ingin memulihkan firmware bawaan atau membuka kunci perangkat Samsung Galaxy Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang perangkat lunak atau penggunaannya, jangan ragu untuk bertanya. Saat meminta bantuan, berikan detail seperti nama/model perangkat Samsung Anda, kode CSC, dan versi Android yang diinstal.