Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan di Android

Gotop.id – Sebagian besar dari kita menggunakan ponsel selama beberapa jam setiap hari, jadi masuk akal untuk menyimpan semua yang penting bagi Anda. Baik itu seluruh koleksi foto, dokumen penting, atau aplikasi utama Anda, smartphone adalah representasi digital dari kehidupan kita.

Namun, itu berarti penyimpanan ponsel Anda dapat terisi dengan cepat. Sebagian besar perangkat hadir dengan setidaknya 128GB akhir-akhir ini, tetapi beberapa masih menawarkan 64GB atau bahkan kurang. Sebagian besar dari itu digunakan oleh Android itu sendiri, jadi Anda mungkin mendapati diri Anda hampir kehabisan kapasitas atau mendapatkan peringatan penyimpanan rendah yang ditakuti.

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan di Android

Pada banyak ponsel, hal ini dapat diatasi dengan memasukkan kartu microSD ke baki SIM, memungkinkan Anda memindahkan file besar dari penyimpanan internal. Tetapi bagaimana jika handset Anda tidak mendukungnya?. Memindahkan semuanya ke perangkat lain dan melakukan reset pabrik adalah hal lain yang mungkin Anda pertimbangkan, tetapi seringkali lebih drastis dari yang diperlukan.

Untungnya, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ikuti untuk mengosongkan banyak ruang di ponsel Android Anda. Bahkan jika Anda belum mengalami masalah penyimpanan apa pun, mengelola penyimpanan Anda dengan benar dapat membantu menjaga semuanya berjalan dengan baik dari segi kinerja.

Pindahkan foto dan video ke penyimpanan cloud

Ini mungkin satu-satunya item dalam daftar ini yang akan berdampak lebih besar daripada yang lain. Foto dan video menghabiskan banyak ruang, dan semakin banyak ini menumpuk, semakin kecil kemungkinan Anda ingin memilah-milahnya.

Untungnya, hampir semua ponsel Android memiliki Foto Google yang sudah diinstal sebelumnya. Siapa pun yang memiliki akun Google mendapatkan penyimpanan 15 GB secara gratis, meskipun ini digunakan bersama dengan Gmail dan Google Drive. Jika Anda belum pernah mengaturnya sebelumnya atau belum menginstal aplikasinya, inilah yang harus dilakukan:

  1. Buka Google Play Store dan cari Google Foto
  2. Setelah itu ‘Instal’
  3. Setelah instalasi selesai, ketuk ‘Buka’
  4. Saat diminta, ketuk ‘Izinkan’ untuk memberikan akses ke foto dan video yang disimpan di perangkat Anda
  5. Dari layar berikutnya, pastikan Anda memilih ‘Aktifkan pencadangan’
  6. Dari layar berikutnya, pilih antara ‘Kualitas asli’ dan ‘Penghemat penyimpanan’. Yang terakhir memungkinkan Anda untuk menyimpan lebih banyak, tetapi dengan kualitas yang lebih rendah
  7. Lewati melewati tiga halaman sorotan
  8. Ketuk ikon Anda di sudut kanan atas, dan Anda akan melihat pesan yang mengatakan ‘Cadangan aktif. Bersiap untuk mencadangkan’
Baca juga  Cara Setting APN Indosat 4G Plus Tercepat Terbaru

Anda sekarang dapat meninggalkan aplikasi untuk mencadangkan di latar belakang. Mulai sekarang, semua foto dan video yang disimpan secara lokal akan diunggah secara otomatis di sini dan tersedia di semua perangkat Anda – hingga batas 15 GB. Penyimpanan gratis tanpa batas berakhir pada Juni 2021, jadi Anda harus membayar langganan Google One lagi. Paket mulai dari $1,99/£1,59 per bulan.

Opsi alternatif seperti pCloud tersedia, yang menawarkan penyimpanan gratis 10GB dan opsi untuk paket sekali pakai seumur hidup. Ada alternatif lain untuk dipertimbangkan, tetapi tingkat gratis Foto Google adalah pilihan terbaik bagi kebanyakan orang. Bahkan jika Anda hanya memindahkan beberapa file, itu akan membuat perbedaan yang signifikan.

Pindahkan data ke Google Drive

Karena Anda menggunakan ponsel yang menjalankan sistem operasi milik Google, masuk akal juga untuk menggunakan alat penyimpanan cloud Google lainnya. Meskipun file dokumen Anda akan memakan ruang yang jauh lebih sedikit (kecuali jika Anda memiliki banyak file, atau banyak PDF multi-halaman misalnya), semua ini dapat dipindahkan ke Google Drive. Ini akan membuat cadangan yang berguna dan membuat file tersebut dapat diakses dari perangkat online apa pun.

Seperti disebutkan di atas, Anda mendapatkan 15GB gratis, dikombinasikan dengan Google Drive dan Gmail. Tapi satu langganan Google One akan mencakup ketiganya.

Tidak ada cara untuk mengupload file secara otomatis ke Google Drive di ponsel Anda, namun mudah untuk menambahkannya secara manual:

  1. Buka Google Drive
  2. Anda mungkin akan disajikan dengan halaman ‘Saran’. Jika tidak, ketuk dari atas layar
  3. Dari ketuk sudut kanan bawah, ikon +
  4. Anda akan disajikan dengan enam opsi. Yang paling relevan di sini adalah ‘Unggah’
  5. Berikan izin aplikasi untuk mengakses file Anda jika diminta, lalu cari file yang ingin Anda unggah
  6. Ketuk file apa pun untuk mengunggahnya, atau tekan dan tahan untuk memilih lebih dari satu file sekaligus
Baca juga  Ini dia Smartphone Terbaik 2023

File sekarang akan diunggah ke Google Drive dan tersedia di semua perangkat Anda.

Hapus media WhatsApp

Cukup mudah untuk menghentikan WhatsApp menyimpan foto dan video ke ponsel Anda. Namun, tahukah Anda bahwa itu juga menyimpan media apa pun yang Anda kirim di dalam aplikasi WhatsApp itu sendiri?

Banyak di antaranya adalah file yang tidak Anda inginkan atau perlukan lagi, tetapi ada cara untuk mengelolanya dari dalam aplikasi:

  1. Buka WhatsApp
  2. Ketuk tiga titik di sudut kanan atas dan pilih ‘Pengaturan’
  3. Ketuk ‘Penyimpanan dan data’, lalu ‘Kelola penyimpanan’

Anda akan disajikan layar ringkasan dari semua obrolan dan file besar Anda. Ketuk salah satu dan pilih file mana yang ingin Anda hapus, atau ada opsi untuk ‘Pilih semua’

Hapus unduhan Anda

Semua orang selalu lupa tentang unduhan, yang sering kali tertinggal di folder yang terlupakan lama setelah berguna bagi Anda. Jika Anda tidak memiliki aplikasi browser file di perangkat Anda, Anda dapat mengunduhnya secara gratis dari Google Play. Sekarang, cari folder Unduhan dan buang semua yang tidak Anda perlukan.

Namun, ada baiknya juga menghapus unduhan dari peramban web pilihan Anda. Jika itu Chrome:

  1. Buka aplikasi Chrome
  2. Ketuk tiga titik di pojok kanan atas dan pilih ‘Unduhan’
  3. Dari layar berikutnya, tekan dan tahan file yang ingin Anda hapus dan ketuk ikon tempat sampah di pojok kanan atas

Anda tidak akan diminta untuk mengonfirmasi bahwa Anda bersedia menghapusnya, jadi pastikan Anda berhati-hati. Prosesnya akan serupa di browser web seluler apa pun.

Hapus aplikasi dan game yang tidak diinginkan

Kadang-kadang orang mengira mereka telah menghapus semua sampah yang telah mereka pasang melalui Google Play, dan sebenarnya yang mereka lakukan hanyalah memindai layar utama mereka untuk menemukan aplikasi yang tidak digunakan dan menghapus yang mereka temukan di sana. Lebih buruk lagi, terkadang mereka hanya menghapus ikon pintasan, dan aplikasi masih bersembunyi di laci aplikasi. Tidak semua ponsel Android memungkinkan Anda untuk mencopot pemasangan aplikasi dari layar beranda.

Baca juga  Cara Menggunakan Samsung Odin Terbaru

Cara terbaik untuk menemukan aplikasi dan game yang tidak terpakai adalah dengan mengunjungi menu Aplikasi di Pengaturan. Anda ingin menghindari menghapus sesuatu yang penting hanya karena tampaknya tidak asing bagi Anda, jadi pastikan Anda hanya melihat tab yang Diunduh jika perangkat Anda menawarkan opsi seperti itu.

Alternatifnya, Anda dapat mengakses daftar aplikasi dan game yang telah Anda unduh melalui Google Play Store:

  1. Buka Google Play Store
  2. Ketuk ikon Anda di kanan atas layar dan pilih ‘Kelola aplikasi dan perangkat’
  3. Ketuk tab ‘Kelola’ di bagian atas layar dan pastikan ‘Terpasang’ dipilih
  4. Untuk mencopot aplikasi apa pun, centang kotak di sebelahnya lalu ikon tempat sampah di kanan atas
  5. Ketuk ‘Copot pemasangan’ untuk mengonfirmasi

Jangan menghindari menghapus aplikasi berbayar hanya karena Anda telah menghabiskan uang untuk itu. Semua pembelian sebelumnya dari Google Play dapat diunduh ulang di kemudian hari secara gratis.