Cara Scan Virus di Android

Gotop.id – Bukan rahasia lagi bahwa ada banyak virus ketika kita mempunyai smartphone Android. Faktanya, itu sedikit meremehkan. Pada tahun 2021, AV-Test mencatat https://www.av-test.org/en/statistics/malware/ hampir 3,4 juta malware baru untuk Android saja dan telah melihat 425.000 pada tahun 2022.

Anda akan membayangkan ponsel Anda cukup aman dari ini karena Anda berhati-hati untuk tidak mengetuk tautan dalam pesan atau email tanpa memeriksanya terlebih dahulu, dan Anda menginstal aplikasi hanya dari Google Play Store.

Sayangnya, Google tidak pandai menyiangi aplikasi yang ditunggangi virus seperti yang Anda duga. Tambahkan fakta bahwa begitu banyak orang menganggap ponsel kebal terhadap virus, dan ini adalah resep bencana.

Cara Scan Virus di Android

Virus tidak hanya dapat merusak ponsel Anda: mereka juga dapat secara diam-diam memata-matai Anda, mencuri informasi pribadi dan informasi keuangan Anda. Sederhananya, jika Anda memiliki ponsel Android, Anda harus memasang aplikasi antivirus tepercaya dan efektif yang akan terus mencari aplikasi jahat dan tautan berbahaya.

Namun, jangan khawatir. Jika belum ada aplikasi antivirus yang terinstal dan Anda menduga mungkin ada malware di ponsel Anda, belum terlambat: Anda dapat menginstalnya sekarang dan memintanya untuk memindai ponsel Anda dari hal-hal jahat.

Cara menggunakan aplikasi antivirus di Android

Memindai virus atau jenis malware lainnya sangatlah mudah. Instal saja aplikasi dan hampir pasti akan melakukan pemindaian saat Anda pertama kali meluncurkannya. Ini berlaku untuk semua ponsel Android termasuk yang dibuat oleh Samsung, Google, OnePlus, dan merek lain.

Lebih baik lagi, ada aplikasi gratis luar biasa yang dapat melakukan ini, seperti Avast One, yang kami gunakan di sini. Ini juga tersedia untuk Windows, macOS dan iOS, sehingga Anda dapat menjalankannya di semua perangkat Anda jika Anda mau.

  1. Buka Google Play Store dan cari Avast One.
  2. Instal – gratis untuk melakukannya – dan buka aplikasi.
  3. Ketuk Mulai.
  4. Setelah serangkaian pesan, ketuk Lanjutkan dengan versi gratis, kecuali jika Anda ingin membayar versi Premium.
  5. Ketuk Jalankan Pemindaian Cerdas. Ini akan memeriksa virus, serta file sampah dan masalah lainnya.
  6. Pemindaian akan memeriksa semua aplikasi yang terinstal, serta penyimpanan ponsel Anda dari virus dan malware lainnya.
  7. Setelah beberapa menit, Anda akan melihat hasil pemindaian. Mudah-mudahan itu akan menunjukkan Tidak ada ancaman yang ditemukan, tetapi jika ada yang terlihat, ikuti petunjuk untuk menghapusnya.
  8. Pemindaian cerdas lainnya menunjukkan ruang apa pun yang dapat dikosongkan, serta ‘masalah’ lainnya – yang sebagian besar hanyalah alasan untuk meminta Anda membayar Avast One Premium, meskipun ada manfaatnya, seperti VPN tanpa batas melayani.
Baca juga  Alight Motion Pro MOD APK No Watermark Terbaru

Apa antivirus terbaik untuk Android?

Ada banyak pilihan terkait antivirus Android, termasuk aplikasi gratis dan berbayar. Avast One adalah pilihan yang bagus, seperti halnya Norton 360 Deluxe – terutama jika Anda memiliki perangkat Windows dan Mac yang juga memerlukan perlindungan.

Anda akan menemukan lebih banyak rekomendasi dalam kumpulan antivirus terbaik kami untuk Android, dan perangkat lunak antivirus terbaik untuk semua perangkat Anda.