Cara Cek Nomor IMEI iPhone Resmi ibox Asli atau Palsu

Gotop.id – Bagi kalian yang akan membeli iPhone bekas atau resmi dari iBox, mungkin artikel ini sangat bermanfaat tentang cara mengecek IMEI iPhone. Kita semua tahu bahwa saat ini ada banyak jenis ponsel di pasaran, setiap bulannya smartphone jenis baru muncul dengan teknologi yang semakin canggih. Pasar apple juga terus mengeluarkan produk iPhone yang terus berkembang.

Saat ini, iPhone mengeluarkan smartphone dengan versi yang lebih canggih yaitu iPhone 14. Namun, semakin banyak smartphone yang dikeluarkan oleh perusahaan ini, semakin banyak pula pabrikan yang membuat versi tiruan dari iPhone. Bahkan versi tiruan iPhone ini sama persis dengan versi aslinya, hanya ada satu cara untuk membedakan mana yang asli dan mana yang dapat dianggap tidak resmi atau palsu.

Salah satu cara terbaik untuk membedakan iPhone asli dan tiruan adalah dengan melakukan pengecekan nomor IMEI smartphone. Bagi kalian yang belum tahu cara mengecek IMEI iPhone, bisa lihat pembahasan berikut ini.

Mengetahui Seberapa Pentingnya Nomor IMEI pada Handphone

Pentingnya Nomor IMEI pada Handphone

Pengertian IMEI adalah nomor internasional yang terdiri dari 15 digit, yang berguna untuk mengidentifikasi unit perangkat seluler seperti handphone, komputer genggam, dan tablet yang terhubung ke jaringan seluler. Jika dilihat dari fungsi yang dimilikinya, nomor IMEI dapat digunakan untuk mengidentifikasi perangkat yang tidak memiliki hubungan permanen atau semi permanen dengan pelanggan.

Nomor IMEI dapat digunakan untuk mengaktifkan sistem atau jaringan untuk mencegah telepon yang hilang atau dicuri saat melakukan panggilan. IMEI juga merupakan bagian penting dari manajemen penggunaan perangkat seluler atau smartphone.

Dengan kata lain, nomor IMEI akan digunakan oleh jaringan operator GSM untuk mengidentifikasi perangkat smartphone apakah valid atau tidak. Sehingga nomor IMEI ini sangat penting karena penggunaannya dapat mencegah akses jaringan di suatu negara.

Biasanya orang yang sering membeli ponsel bekas akan melakukan pengecekan nomor IMEI untuk memastikan apakah ponsel tersebut terdaftar di Kementerian Perindustrian Republik Indonesia Kemenperin atau tidak.

Baca juga  Tutorial Mendownload Banyak Foto dan Video dari Telegram

Selain itu, nomor IMEI juga dapat memberikan informasi kepada pengguna tentang jaringan, negara asal, dan jaringan asal perangkat, garansi, serta informasi operator yang digunakan. Dengan demikian, badan penegak hukum seperti badan intelijen dapat menggunakan nomor IMEI ini untuk melacak perangkat dari mana saja meskipun jaraknya jauh.

Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada perangkat, penyedia layanan dapat menggunakan nomor IMEI untuk memasukkannya ke daftar hitam dan melakukan pemblokiran terhadap penggunaan perangkat tersebut.

Cara Kerja Nomor IMEI Pada iPhone

Hampir semua perangkat seluler menggunakan nomor IMEI yang harus terdaftar di Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Kalian juga bisa melakukan pengecekan nomor IMEI sendiri. Salah satu cara paling umum untuk mengecek nomor IMEI adalah dengan melihat langsung pada casing di belakang baterai. Namun, jika tidak semua orang bisa melakukannya, para perancang telah menciptakan cara yang lebih mudah yaitu dengan mengetik *#06# pada papan tombol.

Apabila iPhone kalian dicuri, pemilik dapat menghubungi Central Device Identity Registry (CEIR) dan melaporkan bahwa ponsel hilang atau dicuri. CEIR kemudian akan memasukkan IMEI perangkat tersebut ke dalam daftar hitam. Setelah pengguna sudah melewati tahap ini, maka telepon dengan IMEI yang dilaporkan tersebut tidak akan bisa digunakan lagi, bahkan jika pencuri mengganti kartu SIM perangkat.

Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya lakukan pengecekan nomor IMEI sebelum membeli smartphone terutama iPhone. Simpan juga nomor IMEI di tempat yang aman agar mudah diakses jika diperlukan. Dengan demikian, kalian dapat memastikan bahwa perangkat yang kalian beli tidak merupakan perangkat curian yang mungkin masih bisa digunakan untuk melakukan panggilan meskipun nomor IMEI-nya telah diubah.

Cara Mengecek Nomor IMEI Pada iPhone

Cara Mengecek Nomor IMEI Pada iPhone

Setelah kalian menyadari betapa pentingnya nomor IMEI pada smartphone, pastinya kalian ingin mengecek nomor IMEI iPhone kalian. Jangan sampai kalian membeli smartphone bekas yang ternyata berdampak buruk di kemudian hari. Ada banyak cara untuk melakukan pengecekan nomor IMEI pada iPhone, beberapa diantaranya adalah seperti penjelasan berikut ini.

1. Mengecek IMEI iPhone pada Dus Box

Jika kalian baru saja membeli iPhone, baik itu baru atau bekas, kalian bisa melihat nomor IMEI langsung dari dus kemasan. Biasanya, para pembeli akan langsung memeriksa nomor IMEI di kardus dan mencocokkannya dengan nomor yang tertera pada ponsel. Jika IMEI yang tertera sama, maka iPhone tersebut bisa dipastikan asli dan sudah terdaftar di Apple. Namun, untuk memastikan kembali, kalian bisa mengecek nomor IMEI tersebut di situs kemenperin.go.id.

Baca juga  Cara Ampuh Mengatasi WhatsApp Error dengan Mudah

Untuk mengecek nomor IMEI iPhone di situs kemenperin.go.id, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kalian ikuti:

  • Buka situs kemenperin.go.id di browser kamu.
  • Pada halaman utama, cari menu “Pelayanan Online” dan klik pada submenu “Cek IMEI“.
  • Pada halaman selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman cek IMEI.
  • Isi kolom nomor IMEI dengan nomor IMEI yang ingin kamu cek. Jika nomor IMEI terdiri dari lebih dari 15 digit, hanya perlu memasukkan 15 digit pertama saja.
  • Klik tombol “Cek“.
  • Setelah itu, kamu akan diberikan informasi terkait nomor IMEI yang kamu masukkan, seperti asal negara, model perangkat, dan informasi operator yang digunakan.

Perlu diingat, nomor IMEI hanya bisa diperiksa di situs kemenperin.go.id jika perangkat tersebut sudah terdaftar di Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Jika tidak terdaftar, maka informasi yang diberikan tidak akan lengkap atau bahkan tidak muncul sama sekali.

2. Mengecek IMEI iPhone Dari Menu Pengaturan

Untuk mengecek IMEI di iPhone, cara termudah yang bisa dilakukan adalah dengan membuka menu pengaturan di ponsel. Metode ini sangat mudah dan bisa digunakan untuk semua tipe perangkat iPhone.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengecek IMEI iPhone melalui menu pengaturan:

  • Buka menu pengaturan di iPhone kalian dengan mengklik ikon gear di home screen atau dengan menggunakan tombol pengaturan di sisi kanan iPhone.
  • Scroll ke bawah dan temukan bagian “Tentang“.
  • Klik “Tentang” untuk membuka halaman tentang perangkat iPhone kalian.
  • Scroll ke bawah lagi hingga kalian menemukan nomor IMEI.
  • Kalian juga bisa menemukan nomor IMEI dengan mengetik *#06# pada keypad telepon.
  • Selesai. Kalian sekarang sudah tahu IMEI iPhone Kalian. Jangan lupa untuk mencatat nomor IMEI tersebut di tempat yang aman, seperti di buku telepon atau di dokumen elektronik, sebagai cadangan jika kalian membutuhkannya di kemudian hari.
Baca juga  8 Cara Meningkatkan Masa Pakai Baterai Android

3. Mengecek IMEI iPhone di Situs Apple Id

Salah satu cara lain untuk mengecek IMEI iPhone adalah dengan mengunjungi situs resmi Apple. Cara ini mungkin tidak dipakai oleh sebagian besar orang, namun tetap bisa digunakan sebagai pilihan.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengecek IMEI iPhone melalui situs resmi Apple:

  • Buka situs resmi Apple di https://www.apple.com/id/.
  • Pada halaman utama, klik tautan “Lacak iPhone” di bagian bawah halaman.
  • Masuk ke akun Apple kalian atau buat akun baru jika kalian belum memilikinya.
  • Pada halaman selanjutnya, masukkan nomor seri iPhone kalian di kolom yang tersedia. Nomor seri terletak di belakang perangkat iPhone kalian atau dapat ditemukan di menu pengaturan di bawah “Tentang” atau dengan mengetik *#06# pada keypad telepon.
  • Klik tombol “Submit” untuk mengirimkan permintaan.
  • Setelah beberapa saat, kalian akan diberikan informasi tentang perangkat iPhone kalian, termasuk nomor IMEI.
  • Selesai. kalian sekarang sudah tahu IMEI iPhone kalian dengan menggunakan situs resmi Apple.

4. Cek IMEI iPhone Menggunakan Aplikasi Finder dan iTunes

Cek IMEI iPhone Menggunakan Aplikasi Finder dan iTunes

Sebagai alternatif, kalian juga bisa mengecek IMEI iPhone dengan menggunakan aplikasi Finder dan iTunes. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu memiliki laptop dengan aplikasi Finder dan iTunes yang sudah terinstall.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengecek IMEI iPhone menggunakan aplikasi Finder dan iTunes:

  • Siapkan laptop kalian dengan aplikasi Finder dan iTunes yang sudah terinstall.
  • Sambungkan iPhone kalian ke laptop menggunakan kabel lightning.
  • Buka aplikasi Finder di laptop kalian.
  • Pada menu Finder, klik pada nama perangkat iPhone kalian yang terdeteksi.
  • Pada halaman selanjutnya, kalian akan melihat informasi tentang perangkat iPhone kalian, termasuk nomor IMEI.
  • Selesai. kalian sekarang sudah tahu IMEI iPhone Anda dengan menggunakan aplikasi Finder dan iTunes.

Catatan: Jika kalian menggunakan iPhone yang sudah terkunci, maka Anda harus memasukkan kata sandi atau kode verifikasi untuk dapat mengakses perangkat tersebut.

Akhir Kata

Dengan demikian, kami sudah mengulas beberapa cara untuk mengecek IMEI iPhone yang bisa kalian coba. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kalian tentang cara mengecek IMEI iPhone terbaru. Kalian juga bisa membuat Hotspot di iPhone dengan mudah.