Cara Mudah Membuka Situs Yang Diblokir Terbaru

Gotop.id – Kadang-kadang, situs yang kita akses melalui perangkat desktop atau ponsel ternyata diblokir dan tidak dapat dibuka. Hal ini tentu saja sangat mengganggu jika informasi yang tersedia di situs tersebut benar-benar dibutuhkan. Jika kalian mengalami masalah seperti ini, tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk membuka situs yang diblokir.

Membuka situs yang diblokir sebenarnya cukup mudah. Dengan menggunakan cara yang akan kami infokan melalui artikel ini, kalian dapat mengakses semua situs web yang sulit diakses, baik karena peraturan pemerintah atau alasan lainnya. Jadi, jika kalian ingin mengakses situs yang diblokir, cobalah cara-cara ini untuk menembus blokir tersebut.

Sebaiknya kalian tahu bahwa ada beberapa alasan khusus yang mendasari pemblokiran situs tertentu. Salah satunya adalah konten yang tidak layak dan perlu intervensi pemerintah untuk dihentikan. Upaya ini juga dilakukan untuk melindungi jaringan nasional dari serangan virus. Jadi, pemblokiran situs bukan hanya dilakukan tanpa alasan, melainkan juga demi kebaikan bersama.

Situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bisa jadi disebabkan oleh berbagai faktor, seperti tidak terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) atau memiliki konten yang dianggap tidak layak untuk diakses. Jika kalian menemukan situs yang diblokir oleh Kominfo, mungkin ini merupakan salah satu dari alasan tersebut.

Tetapi jangan khawatir, ada banyak cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah ini. Kalian dapat memilih untuk menggunakan aplikasi atau menggunakan cara lain yang sesuai dengan kemampuan kalian. Namun, jangan lupa bahwa cara-cara tersebut tidak boleh digunakan untuk melanggar aturan. Hanya gunakan cara-cara untuk membuka situs yang diblokir yang disediakan di bawah ini jika kalian memiliki keperluan yang mendesak dan penting.

Membuka Situs yang Diblokir Pemerintah

Cara Mudah Membuka Situs Yang Diblokir Terbaru

Walau begitu, ternyata masih ada berbagai cara yang dapat kalian lakukan untuk membuka blokir tersebut. Kalian bisa mengaksesnya secara lebih mudah melalui berbagai rekomendasi cara di bawah ini:

1. Memanfaatkan Google Translate

Satu keunikan dari cara membuka situs yang diblokir adalah dengan menggunakan Google Translate. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk berhasil membuka situs sesuai kebutuhanmu:

Untuk membuka situs yang diblokir menggunakan Google Translate, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka halaman web Google Translate di browser kalian.
  2. Masukkan URL situs yang ingin kalian buka di kolom “Translate a document” di sebelah kiri.
  3. Pilih bahasa asal situs tersebut di kolom “From” dan bahasa tujuan di kolom “To”. Misalnya, jika situs yang ingin dibuka berbahasa Inggris, pilih “English” di kolom “From” dan “Indonesian” di kolom “To”.
  4. Klik tombol “Translate” untuk memulai proses penerjemahan.
  5. Setelah proses penerjemahan selesai, klik tombol “Go to original” di bagian bawah halaman untuk masuk ke situs yang diblokir.
  6. Jika situs tersebut masih tidak dapat dibuka, cobalah mengubah pilihan bahasa di kolom “From” dan “To” hingga situs terbuka.
  7. Jika masih tidak dapat membuka situs yang diblokir, coba cara-cara lain yang tersedia, seperti menggunakan proxy atau VPN.

Perlu diingat bahwa cara ini tidak selalu berhasil untuk membuka semua situs yang diblokir. Jika cara ini tidak berhasil, cobalah cara-cara lain yang tersedia.

Baca juga  Cara Mudah Mengganti Password Wifi Indihome

2. Menggunakan SSH

Salah satu cara untuk membuka situs yang diblokir adalah dengan menggunakan SSH (Secure Shell). SSH merupakan jaringan yang dapat melindungi pertukaran data dari ancaman virus. Keduanya, VPN dan SSH memiliki karakteristik yang hampir sama, tetapi dengan menggunakan SSH, kalian akan menggunakan pihak ketiga, terutama untuk proses SSH Tunneling. kalian bahkan dapat menggunakan metode ini dengan HP Androidmu.

Berikut adalah cara menggunakan FastSSH melalui aplikasi KPNTunnel Revolution untuk membuka situs yang diblokir:

  1. Buka situs FastSSH dan pilih server Indonesia (https://www.fastssh.com/page/secure-shell-servers/continent/asia/indonesia).
  2. Ketuk tombol “Create SSH Account Indonesia”.
  3. Buat akun dengan mengetikkan username dan password yang diinginkan.
  4. Klik tombol “Create Account”.
  5. Catat username SSH, password SSH, dan host IP address yang diberikan oleh FastSSH.
  6. Install aplikasi KPNTunnel Revolution terlebih dulu di perangkatmu.
  7. Buka aplikasi KPNTunnel Rev dan masuk ke menu Settings.
  8. Aktifkan fitur SSH Tunnel.
  9. Geser ke bawah dan pada bagian Host/IP, isi dengan host IP address yang telah dicatat sebelumnya.
  10. Aktifkan fitur Auto Reconnect dan isi URL Pinger dengan “www.bing.com”.
  11. Aktifkan fitur Custom DNS dan gunakan settingan default yang telah disediakan oleh aplikasi.
  12. Kembali ke halaman utama aplikasi.
  13. ketuk tombol “Start” untuk memulai menggunakan SSH.

Perlu diingat bahwa cara ini hanya dapat digunakan untuk membuka situs yang diblokir oleh pemerintah, bukan situs yang diblokir oleh jaringan internet.

3. Add on Google Chrome

Anda dapat menambahkan ekstensi atau add-on pada browser Google Chrome untuk terhubung ke layanan VPN melalui perantara Google Chrome. Ini selain menggunakan Mozilla Firefox.

Untuk menambahkan extension Browsec VPN – Free and Unlimited VPN ke browser Google Chrome, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka halaman Chrome Web Store atau masuk langsung kesini.
  2. Klik tombol ‘Add to Chrome’ untuk memulai proses pemasangan.
  3. Setelah muncul pop up yang meminta persetujuan untuk memasang extension dari Browsec VPN, klik ‘Add extension’ untuk melanjutkan.
  4. Extension tersebut akan terpasang dan kalian dapat mengakses layanan VPN melalui ikon atau logo yang terdapat di bagian kanan atas browser.
  5. Pilih server sesuai kebutuhan dan aktifkan layanan VPN dengan menggeser toggle yang terdapat di samping nama server tersebut.”

4. Add on dari Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalah salah satu browser yang tersedia di berbagai perangkat. Selain memiliki fungsi yang umum, Firefox juga dapat membuka blokiran situs secara gratis.

Untuk memasang AnonymoX sebagai add-on di Mozilla Firefox, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka halaman Firefox Add Ons atau masuk langsung ke URL https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/anonymox/?utm_source=addons.mozilla.org&utm_medium=referral&utm_content=search.
  2. Klik opsi ‘Add to Firefox’ untuk memulai proses pemasangan.
  3. Muncul pop up yang meminta persetujuan untuk memasang add-on AnonymoX. Pilih ‘Add’ untuk melanjutkan.
  4. Setelah add-on terpasang, kalian dapat mengakses AnonymoX melalui logo yang terdapat di bagian kanan atas browser.
  5. Pilih server yang diinginkan, lalu aktifkan fitur VPN dengan menggeser toggle yang tersedia.

5. Aplikasi TunnelBear VPN

Salah satu cara untuk membuka situs yang diblokir adalah dengan menggunakan aplikasi yang terkait dengan kinerja VPN. Aplikasi ini biasanya memudahkan kalian untuk terhubung ke jaringan internet dan membuka blokiran hanya dengan satu kali klik.

Untuk membuka situs yang diblokir menggunakan TunnelBear VPN, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Unduh dan pasang TunnelBear VPN pada perangkat kalian. Aplikasi ini tersedia untuk platform Windows, Mac, iOS, dan Android.
  2. Buka aplikasi TunnelBear VPN dan masuk menggunakan akun kalian. Jika belum memiliki akun, maka daftarlah terlebih dahulu.
  3. Setelah login, pilih server yang diinginkan. TunnelBear VPN menyediakan berbagai pilihan server di seluruh dunia.
  4. Aktifkan VPN dengan menggeser toggle yang tersedia. Kalian akan terhubung ke jaringan internet melalui server yang dipilih.
  5. Setelah terhubung, kalian dapat mengakses situs yang diblokir dengan normal. Setelah selesai mengakses situs tersebut, jangan lupa untuk menonaktifkan VPN untuk menjaga keamanan dan privasi kalian.
  6. Jika kalian mengalami kesulitan dalam proses pemasangan atau penggunaan TunnelBear VPN, kalian dapat menghubungi tim dukungan teknis yang tersedia di website resmi TunnelBear.
Baca juga  Cara Mencadangkan Kontak HP di Android

6. Memakai server DNS

Cara ini tidak memerlukan instalasi aplikasi tambahan pada laptop atau PC. Kalian dapat menggunakan DNS (Domain Name System) untuk membuka situs yang diblokir. DNS akan mentransformasi alamat IP menjadi alamat domain, sehingga kalian dapat memperoleh kesempatan untuk mengakses situs terblokir yang diinginkan.

Untuk membuka situs yang diblokir dengan menggunakan server DNS di laptop atau PC, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Control Panel pada perangkat kalian.
  2. Masuk ke menu Network and Internet lalu pilih Network and Sharing Center.
  3. Klik Change adapter settings yang ada di sebelah kiri.
  4. Klik kanan pada jaringan yang kalian gunakan lalu pilih Properties.
  5. Masuk ke Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) lalu ketuk Properties yang ada di bagian bawah.
  6. Pada jendela baru yang muncul, aktifkan opsi Use the following DNS server addresses.
  7. Masukkan Preferred DNS server dengan 1.1.1.1 kemudian Alternate DNS server 1.0.0.1.
  8. Ketuk OK untuk menyimpan perubahan yang telah kalian buat.

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah tersebut, cobalah akses situs yang diblokir lagi. Jika Anda berhasil membuka situs tersebut, berarti Anda telah berhasil mengubah server DNS yang digunakan. Jika masih belum bisa membuka situs yang diblokir, coba lakukan troubleshooting dengan memeriksa koneksi internet Anda atau mencoba server DNS lainnya.

7. Memakai Situs Proxy

Salah satu web proxy yang dapat digunakan sebagai alternatif adalah ProxySite. Cara membuka situs yang diblokir dengan menggunakan web proxy ini dapat menjadi pilihan bagi kalian yang ingin mencoba opsi lain selain menggunakan aplikasi VPN gratis pada perangkat kalian.

Untuk membuka situs yang diblokir dengan menggunakan web proxy seperti ProxySite, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka browser kalian dan masuk ke situs web proxy, seperti ProxySite.
  2. Masukkan alamat situs yang diblokir di kolom yang tersedia.
  3. Klik tombol Go atau Enter untuk memulai proses pembukaan situs yang diblokir.
  4. Tunggu sampai proses selesai, kemudian kalian akan diarahkan ke halaman situs yang diblokir melalui web proxy.

8. Menggunakan VPN

Salah satu cara yang dapat digunakan oleh masyarakat umum untuk membuka situs yang diblokir adalah dengan menggunakan virtual private network (VPN). VPN dapat mengenkripsi traffic internet sehingga IP dapat dimasukkan tanpa mengungkapkan lokasi kalian yang sebenarnya.

Dengan menggunakan VPN, kalian dapat membuka situs yang diblokir dengan mudah dan aman. Namun, jika kalian masih mengalami masalah dalam membuka situs yang diblokir, coba lakukan troubleshooting dengan memeriksa koneksi internet kalian atau mencoba VPN lainnya.

Untuk membuka situs yang diblokir menggunakan Turbo VPN, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download dan instal Turbo VPN di perangkat kalian.
  2. Buka aplikasi Turbo VPN dan masuk dengan menggunakan akun kalian. Jika kalian belum memiliki akun, kalian bisa membuat akun baru.
  3. Setelah masuk ke aplikasi, pilih server VPN yang ingin kalian gunakan. kalian bisa memilih server dari berbagai negara sesuai kebutuhan.
  4. Klik tombol “Connect” untuk menghubungkan perangkat kalian ke server VPN yang dipilih. Ini akan membuat perangkat kalian terhubung ke internet melalui server VPN.
  5. Setelah terhubung, kalian bisa membuka situs yang diblokir dengan mengetikkan alamat situs tersebut di browser kalian. Karena kalian sudah terhubung ke internet melalui server VPN, situs yang diblokir akan dapat diakses.
Baca juga  Cara Cek Nomor IMEI iPhone Resmi ibox Asli atau Palsu

Cara Buka Situs Diblokir IndiHome

Cara Mudah Membuka Situs Yang Diblokir

Untuk membuka situs yang diblokir dengan menggunakan DNS 1.1.1.1, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Control Panel di perangkat kalian.
  2. Klik Change Adapter Settings.
  3. Klik kanan pada jaringan ethernet atau WiFi yang kalian gunakan, lalu klik Properties.
  4. Klik dua kali Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).
  5. Pada pilihan preferred DNS server, masukkan angka 1.1.1.1.
  6. Klik Apply.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, kalian bisa mencoba membuka situs yang diblokir dengan mengetikkan alamat situs tersebut di browser kalian. Jika situs tersebut masih tidak dapat diakses, kalian mungkin perlu mencoba metode lain untuk membuka situs yang diblokir, seperti menggunakan VPN atau proxy.

Sebagai catatan, pastikan bahwa kalian memahami batasan dan aturan penggunaan DNS 1.1.1.1 sebelum menggunakannya untuk membuka situs yang diblokir. Beberapa situs mungkin masih tidak dapat diakses meskipun kalian sudah menggunakan DNS 1.1.1.1, tergantung pada tingkat keamanan yang digunakan oleh situs tersebut dan pemblokiran yang diterapkan.

Buka Website yang Diblokir Pakai Opera Browser

Opera Browser adalah salah satu browser web yang populer yang memiliki fitur VPN built-in. Fitur tersebut dapat membantu kalian mengakses situs yang diblokir di wilayah atau negara tertentu. Namun, sebaiknya kalian juga memperhatikan beberapa hal berikut sebelum menggunakan Opera Browser sebagai solusi untuk mengakses situs yang diblokir:

  1. Pastikan kalian sudah mengaktifkan fitur VPN di Opera Browser. Fitur ini biasanya tersedia secara default, namun kalian mungkin perlu mengaktifkannya terlebih dahulu di pengaturan browser.
  2. Pilih server VPN yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Anda bisa memilih server dari berbagai negara yang tersedia di Opera Browser.
  3. Setelah terhubung ke server VPN, kalian bisa mencoba membuka situs yang diblokir dengan mengetikkan alamat situs tersebut di browser kalian.
  4. Jika situs yang diblokir masih tidak dapat diakses meskipun sudah menggunakan Opera Browser dengan fitur VPN, kalian mungkin perlu mencoba metode lain untuk membuka situs tersebut, seperti menggunakan aplikasi VPN atau proxy.

Kesimpulan

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuka situs yang diblokir, baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Berikut adalah sejumlah cara yang bisa Anda coba:

Menggunakan aplikasi VPN: Anda bisa menggunakan aplikasi VPN seperti Turbo VPN, NordVPN, atau ExpressVPN untuk membuka situs yang diblokir. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut di perangkat Anda, lalu memilih server VPN yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan terhubung ke internet melalui server tersebut.

Menggunakan proxy: Anda bisa menggunakan proxy untuk membuka situs yang diblokir. Caranya adalah dengan menggunakan alamat proxy yang tersedia secara online di browser Anda.

Menggunakan DNS 1.1.1.1: Anda bisa mengganti DNS yang digunakan perangkat Anda dengan DNS 1.1.1.1 untuk membuka situs yang diblokir. Caranya adalah dengan masuk ke Control Panel, lalu mengubah pengaturan adapter jaringan Anda dan mengganti DNS yang digunakan dengan 1.1.1.1.

Menggunakan Opera Browser: Opera Browser merupakan salah satu browser yang memiliki fitur VPN built-in. Anda bisa mengaktifkan fitur tersebut dan memilih server VPN yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk membuka situs yang diblokir.